Evakuasi korban gempa di Sulawesi Barat. Foto: Dok Antara
Evakuasi korban gempa di Sulawesi Barat. Foto: Dok Antara

15 Sekolah Dilaporkan Rusak Akibat Gempa Sulbar

Pendidikan gempa Gempa Bumi sekolah sekolah rusak
Ilham Pratama Putra • 15 Januari 2021 17:03
Jakarta: Gempa dengan magnitudo 6.2 menggunjang kabupaten Majene dan Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat 15 sekolah rusak akibat bencana alam ini.
 
Data ini disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jumeri dari Unit Pelayanan Terpadu (UPT) daerah setempat. Jumeri memerinci, untuk di Majene terdapat sembilan sekolah yang rusak.
 
"Sebanyak satu TK mengalami rusak berat, Untuk SD ada empat sekolah, dua diantaranya rusak berat, satu rusak sedang, dan satu rusak ringan," kata Jumeri kepada Medcom.id, Jumat, 15 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jenjang SMP di Majene terdapat satu sekolah yang rusak ringan. Sementara SMA, terdapat satu sekolah rusak ringan, dan dua SMK yang mengalami rusak berat.
 
Baca: Kemendikbud Data Sekolah Rusak Akibat Gempa Sulbar
 
Sedangkan, enam sekolah rusak berada di Mamuju. Sementara, terdata empat SD mengalami kerusakan, dengan rincian satu rusak sedang dan tiga rusak ringan.
 
"Kemudian ada satu sekolah SMP rusak ringan dan satu sekolah SMA rusak sedang," terang dia.
 
Jumeri menyebut, pihaknya menyiapkan bantuan kepada sekolah terdampak gempa. Bantuan berupa sarana prasarana (sarpras) hingga perbaikan gedung akan dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 
 
"Sedangkan kelengkapan sekolah bisa disupport UPT kami di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan Balai Pengembangan PAUD," tuturnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif