Konferensi pers POMNAS XVI Jakarta 2019 di gedung Kemenristekdikti, Jakarta (13/9) foto: medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan
Konferensi pers POMNAS XVI Jakarta 2019 di gedung Kemenristekdikti, Jakarta (13/9) foto: medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan

3.404 Atlet Mahasiswa Siap Bertanding di Pomnas XVI 2019

Pendidikan Pendidikan Tinggi Pomnas
Muhammad Syahrul Ramadhan • 13 September 2019 11:53
Jakarta: Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) kembali digelar tahun ini. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan menjadi tuan rumah di kompetisi yang diikuti 3.404 atlet mahasiswa di 19 cabang olahraga (cabor) ini.
 
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menyebutkan, jumlah cabor pada Pomnas kali ini bertambah dibanding penyelenggaraan sebelumnya di Makassar, yakni 14 cabor.
 
"Ini ada peningkatan, apabila kita bandingkan dengan sebelumnya, di Makassar 14 cabang olahraga, kali ini 19 cabang olahraga. Atlet yang ikut pun juga banyak, 3.404 atlet," kata Nasir dalam konferensi pers Pomnas XVI 2019, di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat, 13 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pomnas XVI berlangsung mulai 19-26 September 2019. Terdapat 713 medali yang akan diperebutkan di 199 nomor pertandingan. Para atlet mahasiswa ini akan datang ke Jakarta untuk mewakili provinsinya masing-masing.
 
Untuk tahun ini ada33 provinsi yang ikut ambil bagian pada ajang dua tahunan ini. Gelaran kali ini juga mempertandingkan empat cabor ekshibisi yaitu e-Sport, Angkat besi, Bola tangan dan Cricket.
 
Mengusung tema "Semangat, Sportif dan Berprestasi" gelaran Pomnas ini bertujuan memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan dan persahabatan antarmahasiswa se-Indonesia. Selain itu juga, ajang ini bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga nasional dan internasional.
 
"Antarmahasiswa lainnya tidak ada korupsi, yang ada kejujuran, fairplay yang kami garap di situ. Akan menghasilkan atlet-atlet profesional, saling menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), beda sukunya, beda agamanya, beda daerahnya tapi tetap satu Indonesia," harapnya.
 
Sebagai tuan rumah UNJ menyediakan 18 venue pertandingan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Upacara pembukaan akan dilangsungkan pada Kamis, 19 September 2019 di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan, Jakarta Selatan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif