<i>Reshuffle</i>, PGRI Minta Pengangkatan 100 Ribu Guru Tetap Jalan
Seorang guru mengajarkan siswa Sekolah Dasar, MI/Gino Hadi
Jakarta:Pergantian posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) diharapkan tidak mempengaruhi rencana pengangkatan 100 ribu guru ASN tahun ini. Pasalnya, program ini telah menjadi rencana Presiden Joko Widodo untuk mengatasi kekurangan guru yang mencapai 733 guru di seluruh Indonesia.

“Saya kira enggakkarena sudah dari Presiden Joko Widodo, jadi menteri itu kan pelaksana presiden saja, dan kebijakan besar yang penting begitu saya kira tidak berhenti karena berganti menteri,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Mohammad Abduhzen kepada Medcom.id, di Jakarta, Rabu, 15 Agustus 2018.


Ia melanjutkan bahwa keputusan tersebut  gagasan yang dicetuskan oleh Presiden Jokowi, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, bukan keputusan Menteri PAN-RB. Ia yakin selama pemerintahan Jokowi, program itu tetap berjalan.

“Kalau lewat tahun 2018 saya takut orangnya pada sibuk, karena pergantian pemerintahan baru. Kalau masih Jokowi ya mungkin ada kesempatan,” terang Abduhzen.

Baca: Syafruddin Diyakini Bawa Menpan-RB Lebih Baik

Ia berharap, rencana pengangkatan 100 ribu guru ini akan lekas dieksekusi dan berjalan sesuai dengan rencana. Karena dana yang akan digunakan untuk pengangkatan guru sudah disiapkan.

“Saya berbaik sangka saja. Budget-nya saya kira sudah ada itu. Sudah dibuat 2018 jadi akan dieksekusi mungkin dalam waktu tidak lama lagi, karena saya lihat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga selalu bicara soal itu,” pungkasnya.

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menyerahkan jabatannya kepada Komjen Syafruddin yang pagi tadi dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Dalam serah terima jabatan itu, Asman menyatakan yakin Syafruddin mampu lebih baik dalam menjalankan tugas menjadi Menpan-RB.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id