Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Iwan Syahril. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Iwan Syahril. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Satuan Pendidikan Berniat Terapkan Kurikulum Merdeka? Begini Cara Daftarnya

Pendidikan pendidikan Kemendikbudristek Kurikulum Kurikulum Merdeka
Ilham Pratama Putra • 18 April 2022 16:34
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek membuka pendaftaran bagi satuan pendidikan yang ingin menjalankan Kurikulum Merdeka mandiri.
 
"Satuan pendidikan yang ingin mengimplementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri dapat mendaftar di kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Iwan Syahril, dalam siaran YouTube Ditjen GTK Kemdikbud RI, Senin, 18 April 2022.
 
Iwan menyatakan Kurikulum Merdeka lebih fokus kepada materi esensial. Struktur Kurikulum Merdeka lebih fleksibel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini membuat guru memiliki keleluasaan dalam memenuhi kebutuhan peserta didik dan menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik," tutur dia.
 
Nantinya, satuan pendidikan yang mendaftar akan mendapat pendampingan dari webinar yang digelar berkala oleh GTK Kemendikbudristek. Seluruh kegiatan implementasi juga didukung lewat platform Merdeka Mengajar.
 
"Supaya ini dapat memberikan pendampingan bagi yang sudah mendaftar sebagai pelaksana kurikulum merdeka secara mandiri," tutur Iwan.
 
Pemerintah tengah mendata satuan pendidikan yang siap menjalankan Kurikulum Merdeka. Hingga saat ini, sudah ada 56 ribu satuan pendidikan yang akan menjalankan Kurikulum Merdeka.
 
"Jumlah satuan pendidikan yang mendaftar implementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri sebanyak 56.878 satuan pendidikan," kata Direktur Guru Pendidikan Dasar, Kemendikbudristek, Rachmadi Widdiharto dalam siaran Youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI, Senin, 18 April 2022.
 
Baca: 56.878 Satuan Pendidikan Siap Terapkan Kurikulum Merdeka
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif