Kampus IPB. Foto: IPB/Humas
Kampus IPB. Foto: IPB/Humas

Kinerja IPB di 4 Tujuan SDGs Masuk 100 Terbaik Dunia

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi IPB
Citra Larasati • 23 April 2021 21:30
Jakarta:  Times Higher Edcucation (THE) Impact Rankings diumumkan pada 21 April 2021 dari London melalui pertemuan virtual berjudul “THE Innovation and Impact Summit: Cultivating Resilience, Changing the World”.  Dalam pemeringkatan ini, secara keseluruhan Institut Pertanian Bogor (IPB) berada pada peringkat 101-200 dunia.
 
Partisipasi THE Impact ini diikuti oleh 1.115 perguruan tinggi terbaik dunia yang menyampaikan kinerja tridarma terkait 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Sistem pemeringkatan ini mengacu pada publikasi, konsistensi, dan bukti yang memperlihatkan kinerja perguruan tinggi dalam berkontibusi untuk pencapaian SDGs.
 
Bahkan untuk empat tujuan SDGs, kinerja IPB sangat baik sehingga masuk TOP 100 dunia yaitu:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1.  Peringkat ke-7 dunia untuk SDG#2: Zero Hunger, yaitu untuk mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik dan mendukung pertanian berkelanjutan.
 
2.  Peringkat ke-64 untuk SDG#15: Life on Land, yaitu untuk melindungi, memulihkan dan mendukung penggunaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi penggurunan dan menghambat, serta membalikkan degradasi tanah, menghambat hilangnya keanekaragaman hayati.
 
3.  Peringkat ke-77 untuk SDG#14: Life below Water, yaitu untuk mengkonservasi dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya laut, samudra dan maritim untuk pembangunan yang berkelanjutan.
 
4.  Peringkat ke-65 untuk SDG#1: No Poverty, yaitu untuk mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk di manapun.
 
Rektor IPB University, Arif Satria mengatakan, prestasi ini menggambarkan bahwa perguruan tinggi di negara berkembang juga mampu menunjukkan kinerjanya melalui metodologi pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga independen dunia kredibel.
 
Menurutnya, sistem pemeringkatan ini mengakomodir semua aspek kinerja tridarma perguruan tinggi.  IPB University menunjukkan kinerja yang sangat baik dan konsisten, baik di tataran nasional maupun internasional.
 
Baca juga:  Posisi ke-64 di Dunia, ITS Kampus Terbaik di Indonesia
 
IPB telah memperoleh penghargaan nasional di bidang inovasi dan hasil ini juga menegaskan lagi peringkat IPB sebagai Top 62 pada QS World University Ranking (WUR) by Subject on Agriculture and Forestry 2021. 
 
Dalam QS WUR 2021 ini juga IPB mendapat peringkat ke 601-620 dalam bidang Ilmu Biologi (Biological Science), peringkat 351-400 dalam bidang Ilmu Lingkungan (Environmental Science) dan menjadi yang terbaik di Indonesia, peringkat 401-450 dalam bidang Economics and Econometrics yang merupakan terbaik ketiga di Indonesia.
 
Prof Arif menyampaikan, bahwa masuknya IPB  di jajaran 101-200 universitas dunia THE Impact Rangkings semakin mendorong research for impacts, yaitu penelitian yang menghasilkan IPTEKS dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif