Dok. Humas Ditjen Kebudayaan
Dok. Humas Ditjen Kebudayaan

Pemerintah Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Lewat Konten Kreatif

Antara • 10 Agustus 2022 15:27
Jakarta:  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak masyarakat turut melestarikan budaya dengan cara kreatif yang dapat diekspresikan melalui media sosial. Termasuk video-video pendek yang menarik.
 
"Kami ingin memperkuat kelokalan yang beragam, itu yang terus kita dorong untuk menjadi konten-konten keberagaman yang menunjukkan Indonesia," kata Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbudristek Ahmad Mahendra di Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2022. 
 
Peran media sosial telah bergeser dari instrumen pendukung menjadi sesuatu yang utama, platform yang menyebarkan informasi secara cepat dan menjadi viral. Sifat media sosial ini patut untuk dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyebarkan informasi positif, termasuk kampanye untuk menjaga identitas budaya, ketahanan budaya dan melestarikan budaya Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mahendra mengatakan, narasi kebinekaan di media sosial harus dikembangkan dan disebarluaskan.  Tujuannya agar masyarakat, khususnya generasi muda, agar mereka memahami bahwa Indonesia punya kekayaan budaya beragam yang diharapkanya bisa dituangkan dalam konten-konten media sosial menarik.
 
Meningkatnya konten-konten di media sosial tak lepas dari pandemi covid-19 yang membuat dunia digital berkembang pesat dan masyarakat mau tidak mau menjadi melek terhadap teknologi. Di tengah keterbatasan, kreativitas masyarakat diuji dan memunculkan produk-produk digital kreatif seperti vlog, siniar maupun video-video berdurasi singkat namun memikat penonton.
 
Pemerintah, kata Mahendra, siap menjadi fasilitator untuk menggandeng komunitas dalam menyemarakkan konten-konten positif di media sosial, serta meningkatkan kualitas konten budaya yang beredar di platform media sosial. "Pemerintah tidak akan tinggal diam untuk fasilitasi apa yang jadi kebutuhan semua pihak terutama konten kreator," kata dia.
 
Di sisi lain, tantangan yang harus dihadapi dan diatasi adalah memberikan literasi kepada para pengguna media sosial agar bisa menciptakan konten-konten yang positif. "Pemerintah sangat ingin semua pihak mengunggah konten positif demi kita semua," tutur dia.
 
Baca juga:   Keberagaman Budaya di Indonesia, Mulai Dari Suku Bangsa Hingga Budaya


 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif