Ketua Pokja PMM, Ilham Makhmud. Tangkapan layar.
Ketua Pokja PMM, Ilham Makhmud. Tangkapan layar.

11.751 Mahasiswa Telah Ikut Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Pendidikan Kampus Merdeka Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Mahasiswa
Ilham Pratama Putra • 07 September 2021 10:59
Jakarta: Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) miliki Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah berjalan sejak April 2021. Hinga kini, sudah ada 11.751 mahasiswa yang tergabung dalam program PMM.
 
"Sampai hari ini yang telah menjalankan PMM dengan jumlah 11.751 mahasiswa, dan kita sudah melibatkan 6.604 dosen," kata Ketua Pokja PMM, Ilham Makhmud dalam webinar Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Selasa, 7 September 2021.
 
Sementara itu, perguruan tinggi yang terlibat dalam PMM sebanyak 256 kampus. Meski di tengah pandemi, ternyata sebagian besar kampus sudah mulai menerima mahasiswa PMM untuk hadir secara langsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita melibatkan 256 perguruan tinggi dimana dianataranya 215 adalah perguruan tinggi yang siap menerima kedatangan adek-adek," ujar dia.
 
Baca: 13.272 Mahasiswa Ikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat 2021
 
Namun, pihaknya tak memaksakan agar PMM digelar secara luring. Karena kegiatan perkuliahan tetap harus memperhatikan level dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
 
Pada kesempatan yang sama, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam mengatakan PMM ini menjadi modal bagi mahasiswa untuk meningkatkan kebhinekaan. "PMM ini membangun kebhinekaan tunggal ika kita secara konkret secara nyata," ujar Nizam.
 
Pasalnya, secara tidak langsung, kata dia, mahasiswa yang terlibat akan memiliki lingkungan pendidikan yang baru. Mengenal teman baru dari wilayah kampus yang berbeda.
 
"Pasti pengamalan baru akan sangat banyak diperoleh dibandingkan tinggal di kampusnya sendiri," tutur Nizam.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif