Ketua Umum PB PGRI. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Ketua Umum PB PGRI. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2019

PGRI: Kekurangan Guru Nyata

Pendidikan Hari Guru Nasional
Muhammad Syahrul Ramadhan • 30 November 2019 10:24
Cikarang:Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) meminta perhatian pemerintah kepada guru terus membaik dari tahun ke tahun. Salah satu persoalan yang disoroti PGRI adalah kondisi kekurangan guru di Tanah Air yang nyata terjadi.
 
"Kami mengharapkan perhatian pemerintah membaik dari waktu ke waktu, karena pada saat ini kekurangan guru itu nyata," kata Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Unifah Rosyidi, di sela-sela Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2019, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu, 30 November 2019.
 
Tidak hanya kekurangan guru, sertifikasi guru yang baru mencapai 52 persen dari total sekitar 2,7 juta jumlah guru di Indonesia ini juga menjadi keresahan PGRI. "Jadi kami serius untuk mendorong ada perubahan untuk semakin baik," tegasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unifah menekankan, agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim melibatkan guru dalam melakukan perubahan pendidikan di Indonesia. Sebab, kata Unifah, guru dan PGRI merupakan bagian dari peran strategis perubahan yang sama-sama diinginkan Nadiem, yakni memajukan pendidikan Indonesia.
 
Puncak Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Bekasi. Ada yang berbeda dari penyelenggaraannya tahun ini, di mana hajat besar tahunan guru ini tidak dihadiri Presiden seperti pada tahun-tahun sebelumnya.
 
Kehadiran Presiden sangat dinanti oleh ribuan perwakilan guru yang hadir dari seluruh daerah di Indonesia. Sehingga kekecewaan pun nampak jelas ketika Unifah mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo batal hadir di acara tersebut dan diwakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.
 
"Huuuuuu..." seru ribuan guru serempak dan menggema di seantero stadion berkapasitas 30 ribu orang itu.
 

(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif