Peluncuran SNMPTN/SBMPTN 2019, LTMPT/Humas.
Peluncuran SNMPTN/SBMPTN 2019, LTMPT/Humas.

H-3 Penutupan, 11.297 Sekolah Belum Juga Isi PDSS

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019
Citra Larasati • 22 Januari 2019 21:19
Jakarta: Berdasarkan data statistisk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah siswa yang belum mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) per Selasa, 22 Januari 2019 mencapai 11.297 sekolah dari total 27.057 sekolah yang terdaftar di PDSS. Sementara jumlah sekolah yang sudah mengisi data baru16.037 sekolah.
 
Dari data tersebut, jumlah sekolah yang sudah mendaftar baru 1.098 sekolah, sementara jumlah yang sudah melakukan finalisasi juga baru 4.769 sekolah. "Ini kebiasaan yang kurang baik, yaitu semua mengisi di akhir periode pendaftaran," kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto kepada Medcom.id, di Jakarta, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Jumlah sekolah yang mengisi PDSS terhitung masih rendah, terlebih lagi mengingat penutupan masa pengisian dan verifikasi PDSS akan berakhir di 25 Januari 2019. Dengan kata lain, pengisian PDSS akan ditutup kurang dari tiga hari lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Siswa Lolos SNMPTN Tidak Boleh Mendaftar di SBMPTN
 
Menurut Budi, LTMPT akan mengevaluasi apakah akan diberlakukan perpanjangan waktu pengisian dan verifikasi PDSS, jika sampai hari terakhir jumlah sekolah yang mengisi, mendaftar, dan memverifikasi di PDSS masih juga minim. "Akan dievaluasi dulu, nanti para rektor dan pengurus LTMPT yang akan memutuskan (perpanjangan)," terang Budi.
 
Dalam kesempatan terpisah, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir memberi sinyal untuk memperpanjang masa pengisian PDSS jika hingga hari terakhir jumlah sekolah yang mendaftar, memverifikasi dan melakukan finalisasi masih minim.
 
"Kalau masih rendah akan diperpanjang, nanti kita lihat dulu," terang Nasir.
 
Sebelumnya, Ketua LTMPT, Ravik Karsidi meminta agar siswa memperhatikan tahapan berikutnya, yaitu pendaftaran SNMPTN 2019 yang telah dijadwalkan tanggal 4 -14 Februari 2019. Adapun pemeringkatan peserta SNMPTN 2019 akan dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).
 
Daftar program studi dan daya tampung pada SNMPTN 2019 dapat dilihat pada laman
https://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran. Perlu diingatkan juga kepada para peserta SNMPTN yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga diwajibkan mengunggah portofolio.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi