Pendaftaran Seleksi Masuk UIN Jakarta Jalur Ujian Mandiri Dibuka awal Mei 2022. Foto: Dok. UIN Jakarta
Pendaftaran Seleksi Masuk UIN Jakarta Jalur Ujian Mandiri Dibuka awal Mei 2022. Foto: Dok. UIN Jakarta

Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UIN Jakarta Dibuka Awal Mei, Ini Syaratnya

Citra Larasati • 16 Maret 2022 18:10
Jakarta:  Pendaftaran masuk Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah atau UIN Jakarta melalui jalur seleksi Ujian Mandiri (UM) tahun akademik 2022/2023 akan dibuka mulai 3 Mei hingga 4 Juli 2022.  Seleksi jalur UM menawarkan sebanyak 56 program studi S1 yang tersebar di 12 fakultas.
 
“PMB Ujian Mandiri insya Allah awal Mei ini mulai dibuka pendaftarannya,” kata Kepala Bagian Akademik Feni Arifiani di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu, 16 Maret 2022.
 
Menurut Feni, PMB UM UIN Jakarta terbuka untuk siswa lulusan SMA/MA/SMK/Pesantren Mu’adalah lulusan tahun 2022, 2021, dan 2020. Mereka yang akan diterima wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), serta memiliki kesehatan memadai agar tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di UIN Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Bukti surat keterangan sehat dapat diperoleh dari dokter rumah sakit atau Puskesmas setempat,” imbuhnya.
 
PMB UM UIN Jakarta dibagi ke dalam dua paket pilihan, yakni Paket Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Paket Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Paket IPS dapat dipilih oleh lulusan seluruh jurusan yang berasal dari MA/SMA/SMK dan Pesantren atau sederajat, sedangkan Paket IPA hanya dapat dipilih oleh lulusan SMA Jurusan IPA, MA Jurusan IPA, Pesantren Jurusan IPA, SMK Teknik, SMK Pertanian, SMK Farmasi, SMK Keperawatan, dan SMK Analis.
 
Feni lebih lanjut menjelaskan, lulusan SMK Teknik yang memilih paket IPA hanya diperbolehkan memilih program studi Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Matematika, Kimia, Fisika, dan Teknik Pertambangan.
 
Kemudian lulusan SMK Pertanian yang memilih Paket IPA hanya diperbolehkan memilih program studi Agribisnis, Kimia, Fisika, Matematika, Pendidikan Biologi, dan Studi Biologi.  Lulusan SMK Farmasi yang memilih paket IPA hanya diperbolehkan memilih program studi Farmasi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Kimia, dan Biologi.
 
Sementara dari lulusan SMK Keperawatan yang memilih Paket IPA hanya diperbolehkan memilih program studi Ilmu Keperawatan.  Untuk siswa lulusan SMK Analis (Bidang Sains) yang memilih Paket IPA, hanya diperbolehkan memilih program studi Pendidikan Kimia dan program studi Kimia, Biologi, Fisika, dan Matematika.
 
Adapun untuk program studi Pendidikan Dokter hanya dapat dipilih oleh lulusan SMA, MA, dan Pesantren yang berasal dari Jurusan IPA.  “Pendaftar dari SMK yang tidak disebutkan di atas hanya dapat memilih Paket IPS saja,” ujar Feni.
 
Baca juga:  Siswa Berprestasi, Pendaftaran SBUB Undip Masih Dibuka Hingga 20 Maret
 
Sebagai catatan tambahan, kata Feni, PMB untuk Fakultas Dirasat Islamiyah harus lancar membaca Al-Qur’an, memiliki hafalan Al-Qur’an, serta dapat menulis dan memahami bahasa Arab tingkat dasar. Kemudian untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan, calon mahasiswa dapat membedakan tujuh warna alias tidak buta warna.
 
“Khusus untuk Program Studi Ilmu Keperawatan, pria dipersyaratkan harus memiliki tinggi badan 160 sentimeter dan wanita minimal 155 sentimeter,” terangnya.
 
Seleksi PMB UM akan digelar pada 20-21 Juli 2022 secara online melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Informasi lengkap mengenai PMB UM UIN Jakarta dapat dilihat di laman https://admisi.uinjkt.ac.id/
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif