Pengumuman pengisian PDSS untuk SNMPTN 2021. Foto: Dok LTMPT.
Pengumuman pengisian PDSS untuk SNMPTN 2021. Foto: Dok LTMPT.

Pengisian PDSS untuk SNMPTN 2021 Telah Dimulai

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi SNMPTN/SBMPTN 2021 SNMPTN 2021
Ilham Pratama Putra • 12 Januari 2021 09:48
Jakarta: Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) telah dimulai untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Pengisian PDSS dilakukan pada 11 Januari 2021 dan berakhir pada 8 Februari 2021.
 
Sekolah hanya bisa mengisi data siswa yang eligibel untuk ikut SNMPTN. Syarat bagi sekolah dalam mendaftarkan siswanya yang eligible berdasarkan ketentuan akreditasi.
 
Sekolah dengan akreditasi A dapat mendaftarkan 40 persen siswa kelas 12 terbaiknya, sekolah akreditasi B dapat mendaftarkan 25 persen siswa terbaiknya. Sekolah akreditasi C dapat mendaftarkan 5 persen siswa terbaiknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengisian PDSS sudah harus melalui tahap registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Bagi sekolah maupun siswa yang belum rampung melakukan registrasi akun, masih tersedia waktu hingga 1 Februari 2021.
 
Baca: Kenali Lima Jalur Seleksi Masuk Politeknik Negeri 2021
 
Hingga kemarin, 11 Januari 2021, setidaknya sudah ada 14.360 sekolah yang login ke portal.ltmpt.ac.id. Namun dari jumlah tersebut, baru ada 4.163 sekolah yang melakukan finalisasi data.
 
Dari data yang sudah masuk dapat terdata berapa banyak siswa yang eligible atau berhak mengikuti SNMPTN tahun ini. Berdasarkan sekolah yang telah melakukan finalisasi hingga kemarin, sudah ada 20.523 siswa yang eligible.
 
Nantinya setelah proses PDSS, barulah pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan para peserta sendiri. Dimana pendaftaran SNMPTN itu dimulai pada 15 hingga 24 Februari 2021.
 
Peserta memilih PTN dan program studi yang ingin dituju. Masing-masing peserta dapat memilih paling banyak dua PTN dan dua program studi. Dan bagi peserta yang memilih program studi seni atau olahraga, wajib mengunggah portofolio prestasi.
 
Rencananya, pengumuman Hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021. Sedangkan pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN penerima.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif