Dirjen Dikdasmen Kemendikbudristek, Jumeri. Foto: YouTube
Dirjen Dikdasmen Kemendikbudristek, Jumeri. Foto: YouTube

Kemendikbudristek Bakal Standarisasi Rekening Sekolah, Semua Nomor Diawali NPSN

Ilham Pratama Putra • 17 Desember 2021 16:21
Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal melakukan standarisasi rekening sekolah. Standarisasi rekening sekolah itu bakal dimulai tahun depan.
 
"Kami tahun depan melakukan standarisasi rekening, harapan kami dengan standarisasi rekening, semua sekolah memiliki rekening dengan angka depannya itu Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)," ujar Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek, Jumeri dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis 16 Desember 2021.
 
Dengan begitu semua nomor rekening sekolah akan diawali oleh NPSN. Jumeri berharap standarisasi tersebut bakal mendukung penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akan memberikan kepastian terkait penyaluran dana BOS," tegasnya.
 
Menurutnya, saat ini banyak rekening sekolah yang tidak valid. Hal itu menjadi salah satu penyebab tak tersalurkannya dana bos.
 
Untuk itulah standarisasi itu di lakukan. Agar nomor rekening milik sekolah lebih akurat.
 
Baca juga:  Syarat Minimal 60 Siswa Sekolah Penerima Dana BOS Tak Berlaku di Daerah 3T
 
Lebih lanjut, dia mengakui, saat ini memang penyaluran dana BOS kerap terkendala karena masalah tersebut. Namun sekolah tak perlu khawatir jika nomor rekening sekolah tidak valid.
 
"Karena kami akan menerima retur atau pengembalian dari bank atas transfer yang kami lakukan. Ini karena beberapa rekening satuan pendidikan kita tidak akurat," tutup dia.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif