Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Begini 3 Cara Nadiem Latih Talenta Digital

Pendidikan Sekolah Digitalisasi Sekolah Nadiem Makarim Kampus Merdeka Merdeka Belajar Digitalisasi Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 15 Desember 2021 14:22
Jakarta: Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim berkomitmen untuk mencetak lebih banyak lagi talenta digital di Tanah Air.  Dia pun memiliki tiga cara dalam melatih talenta digital tersebut.
 
"Pertama, para mahasiswa berkesempatan belajar di luar kampus selama enam bulan. Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka, ada program studi independen dan magang bersertifikat yang bisa dimanfaatkan mahasiswa," ujar Nadiem dalam acara Akselerasi Generasi Digital di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 15 Desember 2021.
 
Dia menjelaskan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan pengalaman-pengalaman entrepreneur bagi para mahasiswa.  Harapannya, para mahasiswa siap untuk memasuki dunia kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sekarang ada ratusan perusahaan teknologi yang bergabung menjadi mini universitas selama enam bulan. Mahasiswa tidak terdistraksi dan akan dapat full 20 SKS seolah-olah mereka mengambil lima mata kuliah di dalamnya,” ucapnya.
 
Nadiem menambahkan, cara kedua adalah menarik perusahaan teknologi untuk mengajar di kampus. Tahun depan, Kemendikbudristek menyiapkan program Praktisi Mengajar untuk mengakselerasi jumlah talenta digital.
 
“Kita akan menarik jagoan-jagoan teknologi, bukan perusahaannya, individunya kita tarik untuk menjadi dosen part time di dalam kampus-kampus kita,” katanya.
 
Baca juga:  Nadiem Bakal Genjot Jumlah Talenta Digital
 
Cara ketiga adalah program wirausaha untuk mahasiswa di dalam kampus mendapat pembinaan dari mentor di industri. Nantinya, para mahasiswa mendapat pembekalan untuk menyukseskan program wirausaha mereka.
 
“Inkubasi-inkubasi wirausaha di dalam kampus kampus kita berikan pembekalan dan juga berikan mereka mentorship,” tandasnya.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif