UKWMS Kirim Dosen LPTK Tugas ke Sekolah
Guru sedang mengajar di depan kelas, MI/Gino Hadi.
Jakarta: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) mengirimkan dosen Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)-nya ke sekolah. Sebab dosen LPTK harus berkompeten secara profesional, pedagogik, personal dan sosial agar bisa melahirkan calon guru yang berkualitas.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Luluk Prijambodo mengatakan kualitas guru yang kurang maksimal biasanya karena pengalaman dosen di lapangan yang minim.  “Pengalaman dosen di sekolah tersebut selama ini terbatas pada kegiatan penelitian dan program pengalaman lapangan untuk mahasiswa calon guru, di mana dosen berperan sebagai peneliti atau pembimbing mahasiswa,” kata Luluk dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Kamis, 29 November 2018.


Baca: UKWMS Luncurkan Program 2+2 Joint Degree

Lalu karena keterbatasan ruang lingkup akademik sebagai peneliti maupun pembimbing, dosen LPTK hanya memberikan trainingsingkat atau workshop untuk guru. Pengalaman yang komprehensif di mana guru dan dosen dan siswa bertemu di dalam kelas, berinteraksi untuk saling belajar dan membagikan pengalaman belum banyak dilakukan.

“Melihat situasi dan kebutuhan untuk meningkatkan mutu guru dan dosen secara berkelanjutan tersebut, maka FKIP UKWMS memutuskan untuk terlibat langsung dan mengirimkan dosen-dosen senior (dengan kepangkatan akademik minimal lektor) untuk mengajar sekaligus belajar di sekolah dalam program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS),” tutur Luluk.

Kegiatan ini telah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Kegiatan ini sudah dimulai sejak Juli hingga Oktober 2018. Dan dilaksanakan di delapan sekolah di Surabaya dengan penugasan 10 orang dosen.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id