Ilustrasi SMK. DOK Kemendikbudristek
Ilustrasi SMK. DOK Kemendikbudristek

Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Disebut Akan Memberikan Kemerdekaan Belajar

Ilham Pratama Putra • 19 Juli 2022 15:03
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut Kurikulumm Merdeka sangat mendukung transformasi pendidikan. Dia mengatakan Kurikulum Merdeka juga bakal memberikan kemerdekaan belajar di SMK.
 
"Karena pada kurikulum ini, SMK lebih merdeka dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek," kata Nadiem dalam siaran YouTube Ditjen Vokasi, Selasa, 19 Juli 2022.
 
Nadiem mengungkapkan lebih dari 6.800 SMK di Indonesia sudah mendaftar untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Implementasi sesuai kemampuan masing-masing SMK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan menerapkan kurikulum berbasis proyek ini, pelajar SMK akan semakin merdeka untuk belajar dan berkarya," tutur Nadiem.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, berharap peserta didik di SMK tidak hanya mengandalkan pembelajaran di sekolah saja. Dia menyebut siswa dapat menjadikan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk mengasah menjadi pribadi tangguh.
 
"Kami berharap dengan menjadi peserta didik yang tangguh, Anda dapat mencapai komptensi apa pun yang Anda mau," tutur Kiki.
 
Baca juga: Nadiem: Saya Yakin Pelajar SMK Jadi Penentu Roda Perekonomian Indonesia

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif