Kepala sekolah, guru, dan siswa siswi Global Sevila School. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Kepala sekolah, guru, dan siswa siswi Global Sevila School. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Manfaat Mindfulness Tingkatkan Konsentrasi Belajar hingga Tekan Potensi Perundungan

Citra Larasati • 06 Oktober 2022 17:41
Jakarta:  Sekolah Global Sevilla merayakan hari ulang tahunnya yang ke-20 tahun dengan berbagai kegiatan, di antaranya mindfulness day schoolMindfulness menjadi prinsip yang dijalankan Global Sevilla dalam kesehariannya, tidak hanya untuk meningkatkan konsetrasi belajar, namun juga menekan potensi perundungan di sekolah.
 
Kepala Sekolah Global Sevilla Pulomas, Purborini Sulistiyo mengatakan, kegiatan mindfulness di HUT ke-20 Global Sevilla School ini diikuti siswa di pagi hari dengan panduan dari para guru.  Sementara di siang hari, mindfulness diperuntukkan bagi seluruh karyawan Global Sevilla School.
 
"Prinsip mindfulness itu hadir penuh sadar utuh. Hati kita ada di sini, murid-murid yang belajar di sini pun hadir penuh di sekolah, kita rasakan lebih enjoy dan menikmati," kata Rini di Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rini mengatakan, dalam sebuah penelitian, dengan menerapkan mindfluness dalam kegiatan sehari-hari dapat membuat gelombang otak lebih rileks.  "Ada penelitian, orang yang mempraktikkan mindfulness akan lebih rileks gelombang otaknya ketimbang yang tidak menerapkan," ujar Rini.
 
Siswa kelas VI Global Sevilla School, Jason menceritaikan, mindfulness sudah menjadi bagian dari kegiatannya di sekolah yang bahkan terbawa hingga ke rumah.  Setiap pagi, kata Jason, siswa di Global Sevilla School selalu memulai belajar dengan melakukan silent moment yang menjadi bagian dari mindfulness.
 
"Pertama ada silent moment, kemudian mindfulness practise yang dilakukan sambil gerak-gerak, mindfulness reading, Kebiasaan ini membuat saya rileks saay belajar dan tidak takut menghadapi exam (ujian)," terang Jason.
 
Menurut Rini, banyak siswa yang terlampau stres saat menghadapi ujian sekolah.  "Saat exam suka lupa apa yang dipelajari karena stres, untuk itu ada silent moment dulu sebelum memulai kegiatan belajar maupun ujian," terang Rini.

Mindfulness Bantu Tekan Potensi Perundungan

Rini menambahkan, kegiatan mindfulness di sekolah tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Lebih dari itu, mindfulness juga efektif untuk menekan potensi kekerasan maupun perundungan di kalangan siswa.
 
"Terkadang anak itu tidak menyadari jika prilakuknya, baik itu sedang bercanda atau interaksi dengan siswa lain sudah termasuk kategori perundungan.  Misal cyber bullying, dia tidak sadar bahwa itu sudah masuk perundungan.  Dengan mindfulness, siswa jadi lebih pandai dalam mengelola emosi," kata Rini.
 
Menurut Rini, di dalam mindfulness juga diajarkan bagaimana cara mengenal perasaan, marah salah satunya. "Perasaan marah itu salah satu sifat manusia, misalkan ketika kita kecewa terhadap suatu kondisi dan orang tertentu.  Maka bukan perasaannya yang dibenci, tapi perasaan itu dikelola agar tidak menyakiti orang lain dan diri sendiri," kata Rini.
 
Di Global Sevilla School, kata Rini, guru dituntut untuk mengetahui kondisi siswa di kelasnya.  Sehingga dapat mendeteksi jika ada perubahan kondisi psikologis atau emosional pada siswanya.
 
Selain itu peran konselor di sekolah juga sangat penting dalam menekan potensi perundungan.  "Terutama untuk siswa di jenjang yang lebih tinggi seperti SMP dan SMA, harus lebih banyak diajak bicara.  Guru harus ada kedekatan dengan siswanya. Di rumah juga orang tua harus diajar cerita, hari ini sad atau happy, Misal kalau sad karena didorong teman, tapi temannya sudah bilang sorry, dan miss (guru)-nya sudah tahu. Itu harus cerita," ujarnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, salah satu orang tua siswa, Novrita mengakui manfaat mindfulness sangat dirasakan juga bagi orang tua.  "Efeknya anak-anak ini lebih fokus dalam belajar, pengendalian emosinya juga lebih baik, lebih tenang di rumah," tuturnya.
Baca juga: Saran Jitu Psikolog UNS agar Peserta Tidak Panik Hadapi UTBK


 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif