Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah

Kepala Sekolah Jadi Fondasi Perubahan Pendidikan

Pendidikan Kualitas Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 06 Mei 2020 22:51
Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, (Mendikbud) Nadiem Makarim merancang formula yang akan digunakan untuk mengubah dunia pendidikan.  Fondasi awal untuk melakukan perubahan itu dimulai dari membentuk kepala sekolah terbaik.
 
"Formula dan identifikasi kepala sekolah terbaik. Sehingga ketika menemukan formula kepemimpinan sekolah kita bisa membentuk yang baru untuk digerakkan di sekolah lain," kata Nadiem dalam Konferensi Video Edukreator, Rabu 6 mei 2020.
 
Pola ini, kata Nadiem, merupakan bagian dari program guru penggerak yang digagasnya beberapa waktu lalu. Guru penggerak ini diperlukan untuk membentuk iklim pendidikan yang baik di sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:  Nadiem: Kita akan Bangun Peradaban Secara Virtual
 
Perancangan ini diperlukan, sebab Nadiem sadar sekolah akan terus beregenerasi, setidaknya dalam lima tahun. Untuk itu pembentukan kepemimpinan yang baik di sekolah merupakan langkah utama.
 
"Harapannya dalam lima tahun pertama ada poin misalnya 20 persen. Artinya perubahan telah terjadi 20 persen," ujar Nadiem.
 
Untuk mencapai angka 100 persen, kata dia butuh waktu yang lebih lama. Waktu lima tahun tak akan cukup bagi pihaknya.
 
Untuk itulah, Nadiem saat ini membangun fondasi awalnya terlebih dahulu. Agar perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik bisa berjalan.
 
"Perubahan itu bahkan mungkin idealnya memakan waktu 15 tahun. Fondasinya memang penguatan kepemimpinan di sekolah. Organisasi penggerak akan kita dorong untuk kerja sama ke arah sana," pungkas Nadiem. 
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif