Guru sedang mengajar di muka kelas, MI/Panca Syurkani.
Guru sedang mengajar di muka kelas, MI/Panca Syurkani.

Data Bermasalah, LTMPT Minta Siswa Madrasah Bersabar

Pendidikan Madrasah SNMPTN/SBMPTN 2021 SNMPTN 2021
Ilham Pratama Putra • 07 Januari 2021 18:53
Jakarta:  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerima laporan dari satuan pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) saat melakukan registrasi akun. Terdapat kendala, yakni tidak ditemukannya nama sekolah dan peserta didik saat mendaftar akun LTMPT untuk mengurus proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
 
Ketua Pelaksana LTMPT, Budi Prasetyo menyebut, tidak ditemukannya data sekolah dan peserta didik saat pembuatan akun LTMPT wajar terjadi. Sebab, data yang diambil LTMPT datang dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
"Bahwa data LTMPT hanya ditarik dari satu titik yaitu Pusdatin Kemendikbud," kata Budi dalam dalam sosialisasi SNMPTN, UTBK, SBMPTN dan Jalur Masuk UI 2021 secara daring, Kamis 7 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara data sekolah MAN berada di Kementerian Agama (Kemenag). Budi menyebut Kemenag lah yang nantinya akan menyerahkan data tersebut ke Pusdatin, sehingga dapat diproses LTMPT.
 
"Itu yang menyebabkan teman-teman yang dari sekolah di bawah Kemenag itu masih ada masalah, jadi yang penting sabar. InsyaAlah nanti Pendis Kemenag ke Pusdatin, dari Pusdatin kita tarik ke LTMPT nanti bisa berjalan," sambung dia.
 
Baca juga:  SNMPTN 2021, Ini Cara Registrasi Akun LTMPT
 
Budi juga mengingatkan, agar saat mengisi data, warga MAN juga harus berhati-hati. Selain permasalahan data yang belum ditemukan, bisa juga data yang diinput kurang benar.  Untuk itu, yang bersangkutan agar segera dapat mengajukan pemutakhiran.
 
"Nah sinkronisasi data dengan Pusdatin itu juga butuh waktu satu hari. Artinya hari ini diperbaiki tidak bisa langsung bisa. Tolong lihat besok harinya. Karena tidak bisa hari ini komplain besok langsung bisa," tutup Budi.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif