Siswa mengikuti Ujian Nasional, MI/Adi Kristiadi.
Siswa mengikuti Ujian Nasional, MI/Adi Kristiadi.

Baru Empat Sekolah Gelar UNBK di Kabupaten Belu

Pendidikan ujian nasional
Intan Yunelia • 24 April 2019 22:10
Jakarta:Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy berkomitmen untuk memenuhi sarana dan prasarana perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T). Hal ini untuk memenuhi target 100 persen UNBK di seluruh Tanah Air.
 
Saat melakukan kunjungan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Muhadjir melihat hanya empat sekolah yang melaksanakan UNBK. Selebihnya masih Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).
 
"Saya berharap bersama-sama pemerintah Kabupaten Belu dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan di kabupaten ini, sehingga tahun mendatang sekolah penyelenggara UNBK dapat lebih banyak lagi," kata Muhadjir dalam siaran pers di Jakarta, Rabu, 24 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menyampaikan di 2019 ini Kemendikbud akan memberikan fasilitas TIK kepada tiga sekolah di Belu. Sekolah tersebut adalah SMPN 1 Atambua, SMPN 2 Atambua, dan SMP Bina Karya Atambua.
 
"Masing-masing sekolah akan mendapatkan 20 unit komputer dan satu unit server dan bantuan TIK tersebut direncanakan akan diberikan ke masing-masing sekolah pada Agustus 2019," ujar Muhadjir.
 
Baca:2.291 Siswa SMP di Sulsel Tak Hadir UNBK
 
Di sisi lain, ia mengapresiasi pelaksanaan UNBK di Belu, NTT berlangsung lancar. Ke empat sekolah yang menyelenggarakan UNBK ini saling melengkapi satu sama lain.
 
Yakni SMP Negeri 1 Atambua yang mengunakan fasilitas komputer di SMA Negeri 1 Atambua. Kemudian, SMP Negeri 2 Atambua menyelenggarakan UNBK dengan menggunakan fasilitas komputer di SMK Negeri 1 Atambua.
 
Selanjutnya, SMP Bina Karya Atambua, dan Madrasah Tsanawiyah Al-Muthmainnah Atambua yang juga menyelenggarakan UNBK. "Ini contoh kerja sama yang baik dengan memanfaatkan resource sharing. Saya apresiasi betul sekolah-sekolah tersebut yang menyelenggarakan UNBK. Walaupun baru pertama kali menyelenggarakan UNBK, saya melihat semua berjalan lancar dan sukses dalam penyelenggaraannya," tutur Muhadjir.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif