Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam Raker dengan Komisi X DPR. DOK YouTube Komisi X
Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam Raker dengan Komisi X DPR. DOK YouTube Komisi X

Nadiem: PIP hingga KIP-K Bantu Anak Raih Pendidikan

Ilham Pratama Putra • 25 Januari 2023 09:50
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, memaparkan hasil evaluasi program kerja dan anggaran Tahun Anggaran 2022 dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi X DPR RI. Nadiem mengekklaim sejumlah program berjalan baik.
 
Salah satunya, peningkatan akses layanan pendidikan yang mencakup rata-rata lama sekolah (RLS), harapan lama sekolah (HLS), tingkat penyelesaian SD hingga SMA sederajat dan perguruan tinggi. Hal itu tak lepas dari lancarnya Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).
 
“Hal ini menunjukkan kontribusi Kemendikbudristek seperti PIP dan KIP-K memberikan manfaat positif pada anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk mendapatkan pendidikan,” kata Nadiem dalam Raker Komisi X DPR RI, dikutip Rabu, 25 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nadiem menyebut pihaknya juga berhasil menjaga komitmen pelaksanaan anggaran yang bertanggung jawab dan berkualitas dalam mendukung tercapainya prioritas nasional. Hal itu ditunjukkan dengan Nilai Kinerja Anggaran Tahun 2022 pada kategori sangat baik.
 
"Dengan nilai 95,44 persen,” ungkap Nadiem.
 
Dia mengatakan Kemendikbudristek terus meningkatkan kinerja dan dukungan terhadap program-program prioritas nasional. Berbagai Indikator Kinerja Sasaran Strategis (IKSS) tetap berjalan dan sesuai target.
 
Nadiem menuturkan tata kelola anggaran yang baik juga ditunjukkan dengan berhasilnya Kemendikbudristek mempertahankan predikat wajar tanpa pengecualian pada laporan keuangan sebanyak sembilan kali berturut-turut. Sedangkan, perkembangan akuntabilitas kinerja Kemendikbudristek juga meningkat 1,7 poin dari tahun sebelumnya menjadi 78,9 pada 2022.
 
Kemudian, aspek kebermanfaatan dari kinerja Kemendikbudristek ditunjukkan dari peningkatan Indeks Kepuasan Pemangku Kepentingan. “Hasil survei kepuasan pemangku kepentingan Kemendikbudristek 2019 sampai 2022, secara keseluruhan indeks kepuasan pemangku kepentingan Kemendikbudristek 2022 meningkat 1,3 poin dibanding tahun 2021,” kata Nadiem.
 
Baca juga: Alokasi Terbesar Anggaran Kemendikbudristek untuk PIP hingga Tunjangan Guru

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif