Ilustrasi. MI/Arya Manggala
Ilustrasi. MI/Arya Manggala

Nilai UTBK 2020 Tak Diumumkan, Langsung Status Kelulusan

Pendidikan Virus Korona SNMPTN/SBMPTN 2020
Muhammad Syahrul Ramadhan • 07 April 2020 15:25
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak akan mengumumkan nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. Pengumuman hanya berisikan peserta diterima atau tidak sebagai calon mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih.
 
Ketua LTMPT, Mohammad Nasih menjelaskan kebijakan ini dilakukan karena waktu yang berhimpitan. Sebab, setelah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), masih ada proses seleksi mahasiswa yang dilakukan PTN, yakni melalui jalur mandiri.
 
"Nilainya enggak kami umumkan. Nilai akan kami proses dalam penetapan, sama dengan dua tahun lalu, karena waktu sangat berhimpitan," kata Nasih kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 7 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nasih mengungkapkan, tahun ini peserta mendaftar UTBK sekaligus memilih PTN yang dituju. Hal itu merupakan opsi paling memungkinkan di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
Dengan begitu, proses seleksi masuk perguruan tinggi tetap bisa berlangsung di tengah keterbatasan waktu. “Kalau normal ya akan kita umumkan dulu (hasil UTBK). Kemudian baru daftar SBMTPN, ini berkejaran orang daftar sekaligus, langsung ujian. Nanti kami koreksi, kita putuskan diterima atau tidak. Kami pilih paling simpel dan tetap akuntabel,” ujarnya.
 
Baca:UTBK 2020, Peserta Hanya Boleh Satu Kali Tes
 
Berdasarkan jadwal teranyar yang dipublikasi LTMPT, pendaftaran UTBK 2020 akan dibuka pada 2-20 Juni 2020. Pelaksanaan UTBK 2020 digelar 5-12 Juli. Sementara pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020.
 
Peserta hanya bisa mengikuti tes sebanyak satu kali dalam UTBK 2020. UTBK tahun ini hanya menyajikan materi uji Tes Potensi Skolastik (TPS).
 
"Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi Tujuan," jelas Ketua LTMPT, Mohammad Nasih lewat Surat Edaran yang diterima Medcom.id, Senin, 6 April 2020.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif