Mendikbud, MUhadjir Effendy (kiri) dan Menteri Menteri Pendidikan Malaysia, Maszlee Bin Malik (kanan), Kemendikbud/BKLM.
Mendikbud, MUhadjir Effendy (kiri) dan Menteri Menteri Pendidikan Malaysia, Maszlee Bin Malik (kanan), Kemendikbud/BKLM.

Indonesia-Malaysia Jajaki Pertukaran Guru

Pendidikan guru
Antara • 11 Januari 2019 19:05
Jakarta:   Malaysia berupaya menjajaki peluang kerja sama pertukaran guru antara Indonesia dengan negaranya. Menteri Pendidikan Malaysia, Maszlee Bin Malik memuji pendekatan pendidikan di Indonesia yang lekat dengan kebudayaan lokal.

"Selama ini, kami melakukan pertukaran guru dan siswa dengan Singapura, Jepang, Inggris dan Korea tetapi tidak dengan Indonesia. Setelah ini, kita akan kerja sama erat yang saling menguntungkan," ujar Menteri Pendidikan Malaysia, Maszlee Bin Malik dalam sambutan di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.

Ia menyebutkan, kerja sama ini bersifat simbiosis mutualisme, yang saling menguntungkan. Meskipun ia mengakui baik Indonesia dan Malaysia masing-masing memiliki kekurangan.   

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dalam kesempatan itu, Maszlee menjelaskan pentingnya penyelenggaraan pendidikan yang mengedepankan aspek-aspek nilai untuk menciptakan peradaban dunia yang lebih baik. "Pendidikan yang terpisah dengan nilai hanya akan melahirkan generasi tak manusiawi yang hanyak akan menciptakan banyak konflik, perpecahan, ketamakan, dan kehancuran," kata dia lagi.    Baca: Malaysia Tawarkan Bantuan Mendigitalisasi Manuskrip Nusantara

Maszlee juga memuji pendekatan pendidikan di Indonesia yang lekat dengan kebudayaan lokal. Kebudayaan merupakan sarana efektif dalam menyampaikan nilai-nilai.   

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (PKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Suharti berharap kerja sama pertukaran guru tersebut dapat diwujudkan. Kerja sama itu baru diinisiasi pada saat pertemuan Mendikbud Muhadjir Effendy dan Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik.   

Suharti berharap kerja sama itu dapat menguatkan hubungan masyarakat Indonesia dan Malaysia.   "Kami akan mencari mekanisme yang pas untuk kerja sama ini," kata Suharti.  



(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi