Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

2021, Jumlah Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Bertambah 289

Antara • 01 November 2021 14:57
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan warisan budaya tak benda (WBTB) yang dimiliki Indonesia kembali bertambah. Data terbaru, jumlah WBTB Indonesia sebanyak 289 karya budaya.
 
"Dalam tahap selanjutnya proses pelestarian warisan budaya adalah hal yang perlu ditindaklanjuti karena sejatinya rangkaian pelestarian warisan budaya tidak hanya berhenti setelah penetapan," kata Direktur Pelindungan Kebudayaan Irini Dewi Wanti dalam keterangan tertulisnya, Senin, 1 November 2021.
 
Irini mengatakan warisan budaya tak benda tidak boleh hanya melihat segi kuantitas saja, tetapi juga kualitas. Melalui penetapan tersebut, daerah-daerah pengusung nantinya dapat membuat data base yang berujung pada data pokok kebudayaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya pun melangsungkan proses persidangan yang dimulai sejak 25 hingga 30 Oktober 2021. Sebelumnya, terhitung jumlah usulan warisan budaya tak benda yang masuk pada 2021 ada sebanyak 859 yang berasal dari 33 provinsi pengusung. Hanya Kalimantan Tengah yang tidak mengusulkan karya budaya.
 
Baca: Kemendikbudristek Gelar Festival Bumi Rempah Nusantara untuk Dunia
 
Setelah melalui tahap perbaikan usulan, sebanyak 141 warisan budaya tak benda ditangguhkan dan 718 lolos ke tahap penilaian usulan warisan budaya tak benda pertama. Tim ahli memutuskan sebanyak 48 usulan dilanjutkan ke tahap selanjutnya, sedangkan 363 usulan diperbaiki, 241 usulan ditangguhkan dan 66 usulan dinyatakan diverifikasi.
 
Selanjutnya, pada rapat penilaian yang kedua, tim ahli melakukan pembahasan pada 363 usulan dan sebanyak 51 usulan dari hasil verifikasi di lapangan dibahas. Dari rapat itu, diputuskan sebanyak 293 usulan dilanjutkan ke sidang penetapan serta 121 usulan ditangguhkan.
 
Setelah melewati dua tahap rapat penilaian, pada sidang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2021, akhirnya diputuskan bahwa warisan budaya tak benda yang dimiliki oleh negara telah bertambah sebanyak 289 karya budaya pada Jumat, 29 Oktober 2021.
 
Sebelumnya, sejak dimulai pada 2013, warisan budaya tak benda yang dimiliki oleh Indonesia berjumlah 1.528 karya budaya dengan Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi dengan penetapan warisan budaya tak benda terbanyak yakni 52 karya budaya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif