Ketua Pelaksana UTBK-SBMPTN UNJ, Suyono (baju hijau). Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Ketua Pelaksana UTBK-SBMPTN UNJ, Suyono (baju hijau). Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Tempel Alat Komunikasi di Telinga, 4 Peserta UTBK-SBMPTN di UNJ Didiskualifikasi

Ilham Pratama Putra • 18 Mei 2022 15:40
Jakarta: Sebanyak empat peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-SBMPTN) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) didiskualifikasi. Keempatnya kedapatan curang. 
 
"Sebanyak empat orang di hari ini, hari kedua. Itu yang kami sebut apa yang namanya dengan kecurangan. Karena membawa peralatan yang bisa membantu untuk ujian," kata Ketua Pelaksana UTBK-SBMPTN UNJ, Suyono, di UNJ, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Suyono menyebut keempatnya menggunakan alat elektronik untuk berkomunikasi. Keempat peserta menggunakan alat komunikasi di telinga. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alatnya melekat pada tubuh saja, pada telinga, saya tidak tahu persis bagaimana alat itu bekerja tapi alat tersebut bisa berkomunikasi," beber Wakil Rektor I Bidang Akademik itu.
 
Dia menyebut keempatnya memilih prodi Kedokteran. Namun, Suyono memastikan keempat peserta tidak memiliki hubungan tertentu. 
 
"Ada laki-laki sesi pagi, ada perempuan yang siang ini. Jadi, mereka kita amankan di sekretariat, mereka buat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan tanda tangan BAP atas segala kejadian yang dilakukan. Mereka kami amankan sampai selesainya pelaksnaan tes. Mereka tidak ikut tes dan kami silakan untuk pulang," tutur dia. 
 
UTBK SBMPTN di UNJ digelar dua gelombang. Ujian pada gelombang pertama digelar pada 17-23 mei 2022 dan gelombang dua pada 28 Mei-3 Juni 2022.
 
Baca: UTBK SBMPTN di ITB, Masih Ada Peserta Salah Lokasi Ujian
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif