Ilustrasi pramudi TransJakarta. MI
Ilustrasi pramudi TransJakarta. MI

Buah Emansipasi, Ini 9 Profesi Pria yang Mulai Digeluti Wanita

Pendidikan pendidikan Hari Kartini karier Perempuan
Medcom • 22 April 2022 14:03
Jakarta: Kartini mengajarkan wanita Indonesia untuk berani menggapai mimpi, tak terkecuali dalam hal profesi. Sejak emansipasi, kesempatan wanita untuk menekuni pekerjaan yang dulunya dilakoni pria kian terbuka.
 
Bahkan, hampir tak ada pembatas antara pekerjaan yang lazim dilakukan kaum adam dan hawa. Lantas, profesi pria apa saja yang kini mulai digeluti wanita? Berikut ulasannya yang dikutip dari Ruangguru.

1. Sopir bus

Kalau melihat sopir wanita di angkutan perkotaan, taksi, atau ojek, nampaknya sudah mulai umum. Namun, bagaimana dengan bus besar? Profesi yang semula identik dengan laki-laki itu kini mulai banyak ditekuni kaum hawa.
 
City Tour Bus, misalnya, hanya merekrut pengemudi dari kalangan wanita. Hal ini dikarenakan mereka dianggap lebih sabar dalam mengemudi dengan kecepatan stabil. Selain itu, wanita juga dinilai lebih resik dan bersih.

2. Profesi keamanan

Meski identik dengan perang, kekerasan, dan senjata, banyak kaum hawa mulai melirik profesi keamanan, seperti tentara, militer, polisi, maupun satpam. Wanita pun dibekali pendidikan dasar agar bisa menjadi satuan keamanan, di antaranya bela diri dan beberapa latihan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan pelatihan tersebut, kemampuan petugas keamanan wanita hampir sama dengan pria. Sebagai bonus, kadar sensitivitas wanita lebih tinggi dibanding dengan pria. Mereka bukan sekadar menjadi tim keamanan, tapi bisa memberi perhatian lebih bagi masyarakat.

3. Pilot

Dulu, belum ada yang berani memberi mandat kemudi pesawat komersil pada wanita. Namun, seiring berjalannya waktu, tak sedikit wanita yang berkecimpung di bidang tersebut.
 
Pilot wanita menempuh pelatihan dan ujian yang sama beratnya dengan pilot pria. Bukan sekadar menerbangkan pesawat, tapi juga bertanggung jawab membawa penumpang sampai ke tujuan dengan selamat.

4. Pimpinan DPR

Mengelola rapat besar yang berisikan perwakilan partai politik bukan perkara mudah. Wakil rakyat yang tak mau kalah acap kali menjadi hambatan dalam mencapai kesepakatan.
 
Kendati demikian, hal tersebut tak menyurutkan semangat kaum hawa untuk menjadi pimpinan DPR. Popong Djunjunan dan Leida Hanifa, contohnya, pernah menjadi srikandi pemimpin wakil rakyat.

5. Pembalap

Berpacu dengan kecepatan tinggi tak bisa dilakukan sembarang orang. Inilah sebabnya mobil balap kerap dikemudikan pria. Namun, kini banyak wanita yang berani mengendarai kendaraan tersebut.
 
Bahkan, sederet pembalap wanita Indonesia sukses menorehkan prestasi hingga mengharumkan nama bangsa. Beberapa di antaranya, Alexandra Asmasoebrata, Sabrina Sameh, Raya Kitty, dan Alinka Hardianti.

6. Nahkoda

Nahkoda selama ini identik sebagai profesi kaum adam. Bagaimana tidak, risiko fatal seperti berhadapan dengan ombak besar kerap membayangi profesi yang satu ini.
 
Meski begitu, semangat para srikandi Indonesia untuk menjadi nahkoda tak pernah surut. Beberapa tokoh nahkoda di negeri ini antara lain Capt. Agustin Fitriyah, Capt. Sry Wahyuni, dan Capt. Etin Kartini.

7. Bartender

Profesi yang identik dengan dunia malam ini mulanya didominasi pria. Sebab, stereotip ‘akrab’ dengan minuman beralkohol nampak kurang sesuai dengan wanita.
 
Namun, saat ini kaum hawa berani mendobrak stigma tersebut. Banyak wanita yang bekerja sebagai bartender di kafe dan bar ternama.

8. Engineer

Insinyur merupakan praktisi rekayasa profesional, di mana tugasnya meliputi pengaluiran air dan listrik, pembangunan rumah, hingga pembuatan aplikasi yang memberikan banyak kemudahan.
 
Sekarang, profesi insinyur memang masih didominasi pria. Namun, perlahan wanita menemukan posisi puncak sebagai insinyur. Beberapa insinyur wanita masa kini adalah Diane Greene (Eksekutif Teknologi terkenal di Amerika), Peggy johnson (Chief Excecutive Magic Leap), Karen Agustiawan (Mantan Dirut Pertamina).

9. CEO

Kini, jabatan CEO sudah banyak diampu wanita. Tak hanya sekadar memimpin perusahaan, seorang CEO harus bisa menjalin hubungan baik dengan internal maupun dunia luar, termasuk pers.
 
Selain itu, mampu memberi saran, memotivasi karyawan, mengatur jalannya operasional setiap hari, dan masih banyak lagi. Banyaknya tugas tersebut lantas mencetuskan hashtag #GIRLBOSS yang populer di media sosial.
 
Itulah sembilan profesi pria yang kini mulai digeluti wanita. Keberhasilan suatu profesi sejatinya bukan bergantung pada gender, melainkan kerja keras, keuletan, dan karakter. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Berjuang di Bidang Pendidikan,Ini 8 Sosok Kartini Masa Kini
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif