Ilustrasi Paskibraka.
Ilustrasi Paskibraka.

Pelajar, Ini 5 Manfaat Menjadi Paskibraka

Renatha Swasty • 15 Agustus 2022 17:33
Jakarta: Sobat Medcom, pernahkah melihat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka beraksi ketika upacara pengibaran bendera pusaka saat acara HUT RI di Istana Negara? Aksi kekompakan baris-berbaris pasukan pengibar bendera pusaka ini membuat berdecak kagum.
 
Kepiawaian baris-berbaris yang anggota Paskibraka lakukan bukan proses instan. Mereka dikarantina dalam kurun waktu tertentu dan ditempa dengan berbagai ilmu.
 
Ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika menjadi seorang anggota Paskibraka. Berikut manfaat menjadi Paskibraka dikutip dari laman Dit SMP Kemendikbud.

1. Disiplin

Disiplin adalah hal yang sudah pasti diterapkan dan akan selalu diingat anggota Paskibraka, bahkan setelah mereka tidak lagi bertugas. Seluruh anggota Paskibraka saat masa karantina dilatih disiplin mengikuti setiap aturan dan jadwal yang ada. Maka dari itu, kedisiplinan bukan lagi hal yang diragukan dari seorang anggota Paskibraka.

2. Manajemen waktu yang baik

Selain kedisiplinan, menjadi anggota Paskibraka akan membuat Sobat Medcom piawai mengatur waktu. Tak ayal, pelatihan Paskibraka memiliki segudang jadwal yang cukup padat, baik di lapangan maupun di dalam ruangan. Manajemen waktu yang baik bisa membuat Sobat Medcom dapat dengan menjadi seorang anggota Paskibraka.

3. Belajar bekerja sama dengan tim

Sebagai makhluk sosial, kita tentu memerlukan bantuan orang lain. Oleh karena itu, team work adalah salah satu skill yang harus dipelajari. Dengan menjadi anggota Paskibraka, Sobat Medcom akan belajar bekerja sama dengan tim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kerja sama antartim ini terlatih seiring Paskibraka latihan baris-berbaris. Jika satu orang saja salah, maka satu kelompok akan salah semua. Dalam proses latihan Paskibraka, setiap orang harus memikirkan orang lain, satu gerakan yang sama, bersemangat yang sama, dan tujuan yang sama. Jadi, saling mendukung dan memberikan semangat satu sama lain.

4. Menumbuhkan rasa cinta Tanah Air

Menjadi Paskibraka akan membuat diri kita memiliki rasa cinta yang dalam terhadap Negara Kesatuan RepubIik Indonesia. Rutin menyanyikan lagu Indonesia Raya, belajar tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia dan ketika mengibarkan bendera muncul rasa semakin bangga menjadi orang Indonesia.

5. Menanamkan rasa syukur

Selama masa karantina dan menjadi anggota Paskibraka akan membuat Sobat Medcom menjadi bersyukur. Ketika terpilih menjadi bagian dari Paskibraka, berarti telah berhasil bersaing dengan ribuan calon Paskibraka untuk bisa mengibarkan bendera pusaka pada Hari Kemerdekaan Indonesia. Hal itu tentu akan membuat Sobat Medcom merasa bersyukur sekaligus bangga menjadi anggota Paskibraka.
 
Apakah Sobat Medcom tertarik menjadi anggota Paskibraka? Apabila ingin menjadi pasukan pengibar bendera pusaka, Sobat Medcom perlu berlatih mulai dari sekarang agar nantinya siap mengikuti seleksi anggota Paskibraka.
 
Baca juga: Yuk, Kenalan Lebih Jauh Soal Paskibraka

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif