SMAN 70 Jakarta Foto: Medcom.id/ Intan Yunelia
SMAN 70 Jakarta Foto: Medcom.id/ Intan Yunelia

Orangtua Keluhkan Prestasi Sang Anak Tak Tertampung di Zonasinya

Pendidikan PPDB 2019
Intan Yunelia • 02 Juli 2019 20:37
Jakarta: Salah seorang wali murid, Yudi, kecewa anaknya tak diterima di jalur prestasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 2 Tangerang Selatan. Padahal, tempat tinggalnya masuk zonasi dengan SMA Negeri 2 Tangsel, pun anaknya berprestasi.
 
Secara aturan zonasi, semestinya anaknya tak sulit masuk SMA Negeri 2 Tangsel. Selain, masih satu zonasi, anak Yudi juga cukup berprestasi, sehingga berpeluang memanfaatkan kuota 5 persen jalur prestasi.
 
“Mereka menerjemahkan bahwa lima persen zona prestasi harus dari luar zonasi. Artinya orang yang punya prestasi enggak bisa daftar di areanya sendiri,” kata Yudi kepada Medcom.id, di SMA 70 Negeri Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 2 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbagai prestasi diraih anaknya. Salah satunya penghargaan siswi teladan di Global Islamic School Serpong. Dengan bukti prestasi tersebut, ia memiliki harapan besar putrinya dapat masuk zonasi dan menjadi prioritas.
 
“Padahal seharusnya anak di dalam zona didahulukan. Ini jadi seperti yang juara-juara itu disuruh nyari sekolah yang jauh. Kan jadinya seperti itu,” tutur Yudi.
 
Kondisi itu yang kemudian mendorong Yudi untuk mencoba jalur prestasi di wilayah lain, yakni di SMAN 70 Jakarta. Menurutnya, pemerintah membuat aturan yang tidak sesuai dengan realita di lapangan.
 
Jumlah lulusan SMP tak sebanding dengan daya tampung SMA Negeri yang ada di wilayah Tangsel. “Kalau mau adil sebenarnya harus dihitung dulu jumlah sekolahnya dan sesuaikan dengan jumlah siswa yang lulus SMP, artinya ya mungkin adil tapi ya adilnya buat siapa. Pemerintah itu bikin aturan tapi nggak melihat lapangan,” pungkasnya.

 

(CEU, WHS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif