Ilustrasi Ujian Simak UI Medcom.id
Ilustrasi Ujian Simak UI Medcom.id

Catat! Ini Ketentuan Perangkat untuk Ujian SIMAK UI Sarjana dan Vokasi 2023

Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 Juli 2023 15:12
Jakarta: Ujian saringan SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) sarjana dan vokasi 2023 digelar secara online pada Minggu, 9 Juli 2023. Peserta perlu mengetahui ketentuan perangkat untuk ujian SIMAK UI.

Apa Itu SIMAK UI?

SIMAK UI adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Program pendidikan yang dibuka pada SIMAK UI mulai dari Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana, Sarjana Kelas Khusus Internasional (S1 KKI), Sarjana dan Vokasi dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (S1 RPL dan Vokasi RPL), Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.
 
Jalur ini diperuntukkan bagi siswa/i yang berasal dari SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat yang sudah memiliki ijazah Paket C atau mendapatkan sertifikasi A Level, IB Diploma atau sudah mendapatkan surat penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional dapat mengikuti SIMAK UI tanpa harus mengikuti UN (Ujian Nasional).

Ujian Saringan SIMAK UI Sarjana dan Vokasi 2023

Dikutip dari laman ujiansimak.ui.ac.id, ujian saringan dilaksanakan pada 9 Juli 2023 mulai dari 08.00 sampai 15.30 WIB secara online. Peserta mengikuti ujian sesuai jadwal ujian yang ditentukan.

Perangkat Ujian Simak UI 

Peserta dapat menggunakan laptop, laptop/tablet/HP untuk mengikuti ujian saringan SIMAK UI 2023. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketentuan perangkat dan browser yang dipakai. Berikut ketentuan perangkat untuk ujian SIMAK UI:
  1. Laptop dengan kamera
  2. Komputer desktop dengan webcam
  3. Tablet
  4. HP (landscape/horizontal) dengan resolusi minimal 1280x720

Kamera pada perangkat yang dipakai untuk ujian harus berfungsi dengan baik dan menghadap peserta ujian.
 
?Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Ujian SIMAK UI Sarjana dan Vokasi 2023

 
Sedangkan untuk browser, peserta bisa memakai Mozilla Firefox atau Google Chrome. Pastikan kedua browser tersebut merupakan versi stable terbaru.
 
“Nonaktifkan aplikasi, extensions, dan add-ons yang terpasang pada browser. Pastikan waktu pada perangkat sudah sesuai dengan waktu yang sebenarnya (atur tanggal dan jam pada perangkat),” tulis pengumuman  ujiansimak.ui.ac.id, seperti dikutip Medcom.id, Sabtu, 8 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(RUL)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif