Setiap bidang pembelajaran memiliki tuntutan numerasi yang melekat pada hakikat disiplin ilmu tersebut. Penguatan numerasi lintas mata pelajaran pada esensinya melihat mata pelajaran lain sebagai kesempatan untuk menerapkan keterampilan dan pengetahuan matematika yang telah dipelajari peserta didik melalui kegiatan bermakna.
Guru mata pelajaran selain matematika berusaha mencari peluang untuk memunculkan pengalaman matematika dari berbagai aktivitas peserta didik. Namun, sebagian pendidik belum mengetahui langkah-langkah pengembangan aktivitas penguatan numerasi di pembelajaran non matematika.
Langkah apa yang harus ditempuh? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:
1. Memilih kompetensi dasar
Tidak semua Kompetensi Dasar (KD) dalam sebuah mata pelajaran dapat dilakukan penguatan numerasi. Oleh karena itu, langkah pertama adalah memilih KD yang memiliki keterkaitan dengan aspek numerasi dalam area fokus matematika seperti tercantum pada Tabel 2.2. Guru dapat menggunakan tabel ini sebagai acuan untuk memutuskan apakah KD tertentu bisa dikembangkan untuk ditanamkan unsur numerasinya.2. Menentukan tuntutan numerasi untuk KD
Langkah berikutnya menentukan tuntutan numerasi berdasarkan aspek numerasi yang sudah diidentifikasi di langkah pertama. Misalnya dari contoh KD IPS di atas, pengaruh interaksi antarruang dan pengaruhnya terhadap ekonomi dapat memperkuat numerasi yang berkaitan dengan analisis data dan representasi grafik dengan menampilkan data mengenai kegiatan ekspor-impor bahan tertentu.3. Menentukan aktivitas numerasi yang dapat disematkan
Setelah sudah ditentukan tuntutan numerasinya, maka selanjutnya guru merancang kegiatan numerasi yang dapat disematkan/ditanamkan ke dalam rancangan aktivitas pembelajaran yang sudah ada atau rancangan aktivitas pembelajaran baru.4. Menetapkan alat dan istilah Matematika yang digunakan
Untuk melengkapi aktivitas penguatan numerasi, guru juga perlu memikirkan apakah ada alat matematika tertentu yang dibutuhkan, misalnya menggunakan spreadsheet untuk mengolah dan membandingkan data yang disajikan, serta istilah atau terminologi matematika yang digunakan. Adakalanya istilah yang sama digunakan dalam disiplin ilmu yang berbeda memiliki makna yang berbeda. Oleh karena itu, guru perlu memastikan tidak terjadi kebingungan karena perbedaan makna.Itulah langkah-langkah pengembangan aktivitas penguatan numerasi di pembelajaran Non Matematika yang dapat diterapkan guru mata pelajaran di satuan pendidikan.
Baca juga: Pengabdian Hafzah, Mahasiswa UNY yang Mengajar di Lereng Gunung Merapi |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News