Mahasiswa ITB Zahra Shofia Hanin. DOK ITB
Mahasiswa ITB Zahra Shofia Hanin. DOK ITB

Mahasiswa ITB Ini Buktikan Tetap Berprestasi di Tengah Segudang Kesibukan

Pendidikan prestasi mahasiswa Perguruan Tinggi ITB Mahasiswa
Renatha Swasty • 13 Mei 2022 18:44
Jakarta: Perkuliahan bukan sekadar menuntut ilmu akademis melainkan juga tentang eksplorasi diri. Hal itu dibuktikan mahasiswa Mikrobiologi Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 2018, Zahra Shofia Hanin.
 
Zahra tetap dapat berprestasi dan mendapatkan berbagai macam pengalaman di sela-sela kesibukan akademis. Perjalanan Zahra mengeksplorasi diri dimulai sejak diterima di SITH-S ITB melalui jalur undangan dan memilih prodi Mikrobiologi.
 
Baginya, setiap orang dan tempat baru yang ditemui adalah sekolah tempat belajar dan berkembang. Kerap bertukar pikiran dan berbincang membuat Zahra sadar dirinya sangat suka berkomunikasi dengan orang lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan minatnya ini, Zahra mulai merealisasikan dengan menjadi MC pada berbagai macam acara yang diselenggarakan organisasi yang diikuti. Mulai MC TPB Cup, ITB Football League, Forum Silaturahmi kabinet KM ITB, dan MC di setiap acara HIMAMIKRO “Archaea” ITB.
 
Pada 2021, Zahra mendapatkan tawaran casting film Sisterlillah The Movie dari artis Oki Setiana Dewi. Setelah menjalani casting selama satu minggu, bersamaan dengan kesibukan perkuliahan, Zahra berhasil mendapatkan juara 1 sebagai pemeran Asisten Ria Ricis dan terjun untuk shooting film selama satu bulan di Jakarta.
 
Sepanjang 2021, Zahra terus mengembangkan diri hingga mendapatkan tawaran menjadi model fesyen, content creator, dan live streaming di beberapa fashion brand untuk mempertajam skill komunikasinya. Bahkan, Zahra pernah beberapa kali live bersama artis ternama seperti Oki Setiana Dewi, Ria Ricis, dan Ricky Harun.
 
Berpetualang di dunia entertainment, Zahra tetap melakukan kewajiban sebagai mahasiswa. Dia tetap mampu mendapatkan IP 3,81 dari skala 4,00. “Semua ini memang membutuhkan usaha, doa, dan pengorbanan dalam beberapa hal,” tutur Zahra dikutip dari laman itb.ac.id, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Dia tercatat menjabat sebagai Ketua Bidang Eksternal dan Keilmuan HIMAMIKRO “Archaea” ITB 2021/2022, Direktur Jenderal Relasi Kementrian Olahraga dan Kesehatan Kabinet KM ITB 2021, Kepala Divisi Intra Kampus Parade Wisuda Oktober ITB 2020, dan Wakil Kepala Bidang Relasi OSKM ITB 2020.
 
Dalam bidang akademik, Zahra juga menjadi asisten praktikum pada beberapa mata kuliah di Laboratorium Mikrobiologi. Pada Juli 2021, Zahra dinobatkan sebagai salah satu pemenang Indofood Riset Nugraha yang mengangkat topik penelitian tugas akhir tentang makanan lokal Kalimantan Timur, Mandai Cempedak.
 
Awal 2022, walaupun sibuk dengan tugas akhir, Zahra tidak berhenti mengeksplorasi diri. Dia bekerja part-time sebagai MC Protokoler pada mata kuliah Studium Generale ITB.
 
Setiap mendapat jadwal MC, ia pergi ke gedung rektorat ITB dan bekerja sama dengan pihak Humas ITB. Hal tersebut menjadi salah satu kado pengalaman terbaik, karena bisa bekerja di Gedung Rektorat sebagai mahasiswa adalah kebanggaan tersendiri. Zahra juga menjadi staf protokoler sejak 2019.
 
Sang penulis buku KKPK De Monokromatos, Zahra, mengatakan agar mendapatkan pengalaman sebanyak dan semaksimal mungkin dia selalu belajar memanfaatkan peluang dan waktu. “Tentunya, ibadah tetap utama karena itu adalah kunci terbaik dalam hidup,” tutur dia.
 
Zahra juga menyampaikan pribadi yang suka menunda-nunda harus dihindari. Dia meyebut memberikan waktu istirahat untuk fisik dan mental juga harus selalu dilakukan.
 
“Menjadi hal yang normal untuk merasa lelah dan mengeluh. Yang terpenting adalah tetap sadar akan tanggung jawab yang dimiliki, adanya orang-orang tersayang yang perlu dibahagiakan, dan masa depan yang patut diperjuangkan,” tutur dia.  
 
Selain itu, Zahra memberikan saran hindari galau yang tidak bermanfaat. Pikirkan strategi untuk menggapai segala cita-cita yang diimpikan.
 
Baca: Kuliah Sambil Kerja, Mahasiswa Harus Ingat Tanggung Jawab
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif