Kampus UB ilus. DOK UB
Kampus UB ilus. DOK UB

Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Jalur Nilai Rapor dan Prestasi Dibuka, Cek di Sini

Ilham Pratama Putra • 04 Juni 2024 14:46
Jakarta: Universitas Brawijaya (UB) membuka pendaftaran Seleksi Mandiri melalui jalur Nilai Rapor dan Prestasi. Pendaftaran dibuka pada 3 Juni sampai 15 Juni 2024.
 
Seleksi Mandiri Jalur Nilai Rapor dan Prestasi ini merupakan seleksi masuk Universitas Brawijaya yang diselenggarakan mandiri oleh Universitas Brawijaya untuk program Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 dan D4).
 
Seleksi ini bertujuan menjaring calon mahasiswa yang memiliki prestasi baik akademik maupun nonakademik. Pendaftar mesti menyertakan nilai seluruh mata pelajaran.

"Data niai rapor yang diperlukan, nilai yang diisikan adalah nilai seluruh mata pelajaran bagian nilai pengetahuan. Kemudian, nilai yang diisikan adalah nilai pada lima semester (kelas 10 semester 1-2, kelas 11 semester 1-2, kelas 12 semester 1)," tulis pengumuman di akun Instagram @univ.brawijaya dikutip Selasa, 4 Juni 2024.
 
Berikut persyaratan, jadwal, dan tata cara pendaftarannya:

Persyaratan

Bagi pendaftar SMUB Nilai Rapor dan Prestasi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Persyaratan umum

  1. Warga negara Indonesia (WNI)
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C paling lama tahun 2022, dari sekolah terakreditasi yang dibuktikan sudah memiliki ijazah
  3. Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2024 dari sekolah terakreditasi WAJIB memiliki Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto) atau Surat Keterangan Lulus (SKL). Lulusan Tahun 2024 yang nantinya dinyatakan diterima WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya
  4. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemendikbudristek
  5. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN
  6. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya
  7. Nilai rapor minimal rata-rata 75,00 per semester di bidang pengetahuan semua mata pelajaran (mulai dari semester 1-5)

Persyaratan khusus

Memiliki prestasi baik akademik dan atau nonakademik dengan persyaratan sebagai berikut:
 
1. Prestasi Akademik:
 
Peraih peringkat atau juara 1, 2 dan 3 atau setara pada tingkat Internasional, Nasional, dan Provinsi dalam bidang:
  1. Olimpiade sains pada bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Ekonomi, dan bidang lainnya
  2. Lomba Kompetensi Siswa
  3. Lomba karya tulis ilmiah
  4. Lomba story telling bahasa internasional
  5. Lomba cerdas cermat
  6. Lomba atau kejuaraan lain yang terkait dengan mata pelajaran yang diselenggarakan lembaga yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan
Prestasi yang dimaksud adalah prestasi selama mengikuti pendidikan SMA/SMK/MA/MAK. Prestasi yang dinilai adalah prestasi yang dapat dibuktikan dalam sertifikat/piagam/surat keterangan yang menuliskan nama peserta dan telah disahkan oleh pihak berwenang (pihak penyelenggara atau sekolah).
 
Sertifikat/piagam yang menuliskan nama Grup/Kelompok WAJIB menyertakan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menjelaskan nama anggota yang termasuk dalam Grup/Kelompok tersebut.
 
2. Prestasi Non-Akademik:
  1. Peraih peringkat atau juara 1, 2, dan 3 pada tingkat Internasional, Nasional, dan Provinsi dalam lomba atau kejuaraan bidang olahraga, kesenian, ketrampilan, keagamaan
  2. Prestasi yang dimaksud adalah prestasi selama mengikuti pendidikan SMA/SMK/MA/MAK
  3. Prestasi yang dinilai adalah prestasi yang terkurasi di PUSPRESNAS (https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi) dan dapat dibuktikan dalam sertifikat/piagam/surat keterangan yang menuliskan nama peserta dan telah disahkan oleh pihak berwenang (pihak penyelenggara atau sekolah)
  4. Sertifikat/piagam yang menuliskan nama Grup/Kelompok WAJIB menyertakan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menjelaskan nama anggota yang termasuk dalam Grup/Kelompok tersebut
  5. Hafiz dan hafizah Al-Qur’an minimal 5 Juz, dibuktikan dengan surat sertifikat/surat keterangan dari lembaga yang kredibel dan dapat mempertanggungjawabkan pernyataan penyelesaian hafalan
  6. Penghafal kitab suci dari berbagai agama diakui di Indonesia, dibuktikan dengan surat sertifikat/surat keterangan dari lembaga yang kredibel dan dapat mempertanggungjawabkan pernyataan penyelesaian hafalan

Pendaftar Seni Rupa dan Desain Grafis

Bagi peserta yang memilih Program Studi S1 Seni Rupa Murni dan D4 Desain Grafis, wajib mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan
  2. Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan
  3. Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter)
  4. Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian

Jadwal

  1. Pendaftaran dan Pembayaran Online: 3 Juni (18.00 WIB)-15 Juni 2024 (15.00 WIB)
  2. Pengisian Data Oleh Siswa: 3 Juni (18.00 WIB)-15 Juni 2024 (23.59 WIB)
  3. Proses seleksi untuk seleksi mandiri 2024: 16-23 Juni 2024     
  4. Pengumuman Hasil Seleksi: 24 Juni 2024
  5. Penetapan Biaya Pendidikan: 5 Juli 2024
Biaya pendaftaran sebesar Rp500.000. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
 
Peserta dapat memilih dua program studi Kelompok Program Studi D3, D4, atau Sarjana dari kelas reguler. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
 
Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada https://selma.ub.ac.id/program-studi-sarjana-dan-diploma-universitas-brawijaya/.

Tata cara pendaftaran

1. Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id
2. Memilih Seleksi Mandiri UB Nilai Rapor 2024 pada halaman dashboard
3. Melakukan pengisian data Nomor NISN dan NPSN
 
4. Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui bank mitra (Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, Bank BSI, Bank CIMB Niaga, Bank Muamalat, atau Bank BCA) dengan menggunakan Kode Pembayaran (13 digit) yang tampil pada halaman dashboard;
5. Harap Mengikuti Tata Cara Pembayaran Berikut:
https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/
6. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman admisi (https://admisi.ub.ac.id) dengan mengunggah bukti pembayaran
 
7. Mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id
8. Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin V.3
9. Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut:
  1. Pasfoto (Ukuran 3×4 dan latar belakang bebas)
  2. Rapor per Semester sesuai ketentuan pada poin IV yang telah dilegalisir pihak sekolah. Apabila tidak memiliki dapat diupload dari scan rapor aslinya
  3. Fotokopi Ijazah (bagi siswa lulusan 2022 dan 2023) atau Surat Keterangan kelas XII (bagi siswa yang masih di kelas XII lulusan 2024) yang telah dilegalisir pihak sekolah sesuai ketentuan pada poin I.1
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan/ Kartu Keluarga (KK)
  5. Data prestasi wajib diisi sebelum mengunggah sertifikat bukti prestasi. Data prestasi yang diisikan adalah data 3 prestasi terbaik di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan saat menempuh Pendidikan SMA/MA/SMK
  • Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III)
  • Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III)
  • Tingkat Provinsi (Juara I, Juara II, Juara III)
  • Hafiz Al-Qur'an (Minimal 5 Juz)
  • Penghafal kitab suci
10. Menyetujui pernyataan isian data dan melakukan finalisasi pendaftaran
11. Mencetak kartu peserta seleksi
 
Berikut ketentuan lain dalam pendaftaran:
  1. Universitas Brawijaya memberi afirmasi penerimaan bagi pendaftar yang berasal dari daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal)
  2. Terdapat afirmasi kepada keluarga yang berjasa pada bidang pendidikan di Universitas Brawijaya dan kemitraan strategis dalam kemajuan pengembangan dan kemajuan Universitas Brawijaya
  3. Formulir pengajuan afirmasi dapat diunduh setelah login pada laman Admisi UB melalui https:lladmisi.ub.ac.id
  4. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan dikenakan biaya pendidikan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI)
  5. Informasi biaya pendidikan akan diumumkan kemudian pada laman Selma (https://selma.ub.ac.id)
  6. Pengumuman atau informasi perubahan jadwal akan disampaikan melalui laman Selma(https://selma.ub.ac.id)
  7. Hal-hal yang belum jelas dapat dapat ditanyakan melalui https://haloselma.ub.ac.id.
Buat kalian yang tertarik dan memenuhi syarat. Yuk, buruan daftar.
 
Baca juga: Pendaftaran SM ITB Masih Dibuka hingga 18 Juni, Ini Pilihan Beasiswanya

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan