Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Daya Tampung SMP Tak Sebanding Lulusan SD

Pendidikan Sistem Zonasi
13 Juni 2019 17:13
Bekasi: Sekitar 46 ribu orang lulusan sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) mulai memperebutkan jatah kursi SMP negeri dalam Penerimaan peserta didik baru (PPDB) online di Kota Bekasi. Tahun ini, kursi sekolah negeri hanya tersedia 14.544 siswa.
 
"Kuota PPDB tahun ini ada 14.544 siswa untuk 49 SMPN dan tujuh SMPN baru dengan jumlah rombongan belajar total ada 404," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah di Bekasi, Kamis, 13 Juni 2019.
 
"PPDB pada tahun ini pada setiap rombel diisi oleh 36 siswa sesuai dengan Perwal Nomor 54 Tahun 2019 tentang PPDB TK, SD dan SMP," ia menambahkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PPDB tingkat SMP di Kota Bekasi akan dimulai pada 1 Juli 2019. Dengan kuota PPDB sebanyak itu, hanya sekitar 31 persen lulusan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang bisa masuk SMP Negeri. Setiap SMP negeri rata-rata akan menerima 259 siswa baru.
 
Dalam PPDB di Kota Bekasi tahun ini, kuota untuk jalur zonasi 93 persen (13.525 siswa), jalur prestasi enam persen (872 siswa), serta jalur perpindahan orangtua satu persen (145 siswa).
 

"Tahun ini bagi siswa miskin Kota Bekasi yang menetapkan ketentuan miskin nantinya adalah Dinas Sosial, dengan dibuktikan oleh data yang ada atau telah terinput oleh Dinsos dengan kondisi perekonomian keluarga itu sendiri, semuanya sudah terverifikasi," kata dia.
 
Dia juga menambahkan informasi terkini mengenai PPDB bisa diakses lewat situs dan akun Instagram resmi Dinas Pendidikan Kota Bekasi.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif