Ilustrasi PPDB. Foto:  Medcom.id/Farhan Dwitama..
Ilustrasi PPDB. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama..

Laporan Kecurangan PPDB 2019 di Banten Terbanyak

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2019
Intan Yunelia • 05 September 2019 19:51
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat laporan adanya praktik kecurangan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Provinsi Banten merupakan daerah yang paling banyak terjadi kecurangan dalam laporan yang diterima KPAI selama PPDB 2019.
 
"Penyelenggaran PPDB di daerah, beberapa kali dilaporkan selalu ada calo dan jual beli kursi. Pada lokasi yang sama di Banten memang paling tinggi dengan kecurangan jual beli," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, di Jakarta, Kamis, 5 September 2019.
 
Modus jual beli kursi dijual dengan harga bervariasi hingga puluhan juta rupiah. Mirisnya para korban justru datang dari kalangan orang tidak mampu. Namun mereka memberanikan diri melapor adanya praktik kecurangan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka ditawarkan ada yang mau dan enggak. Penawaran itu memang angkanya Rp6-20 juta. Karena kecewa tentu saja melaporkan enggak bener ini. Pola itu yang terjadi," jelas Retno.
 
Selain di Banten, laporan serupa juga terjadi di Sumatra. Modusnya tak jauh berbeda, orang tua yang sedang mencari sekolah untuk anaknya ditawarkan jaminan mendapat kursi di sekolah incaran tanpa perlu daftar ulang lagi.
 
"Kami enggak bisa selesaikan ini tanpa keterlibatan inspektorat dan dinas pendidikan," tuturnya.
 
Sementara itu, terkait kecurangan yang terjadi sepanjang PPDB 2019 tersebut, KPAI berharap pihak terkait yang memiliki kewenangan agar melakukan pembinaan dan pengawasan internal. Salah satunya inspektorat agar memeriksa sejumlah pihak yang diadukan.
 
"Sehingga dapat dicarikan solusi, agar ke depan kasus yang sama dapat dicegah atau tidak terulang kembali,” kata mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Jakarta ini.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif