Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Guru dan Siswa Kasus Perundungan di Gresik Sepakat Berdamai

Pendidikan Kekerasan di Sekolah
Citra Larasati • 11 Februari 2019 07:07
Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) langsung mengirimkan tim untuk membantu penyelesaian kasus perundungan siswa terhadap gurunya, di sebuah sekolah di Gresik, Jawa Timur. Kasus tersebut akhirnya dapat diselesaikan secara damai antara guru dan siswa yang bersangkutan.
 
"Sudah damai," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muhadjir Effendy, di Jakarta, Senin, 11 Februari 2018.
 
Video berdurasi 22 detik yang berisi murid melakukan perundungan terhadap guru di sebuah sekolah di Gresik, Jawa Timur viral di media sosial.Dalam video tersebut tampak suasana kelas di mana seorang guru terlihat menghampiri siswanya dan menegur siswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun siswa yang ditegur justru melawan dan cenderung bertindak agresif, seperti menantang guru berkelahi. Ada dua siswa yang nampak berdiri seperti hendak menyerang guru.
 
Baca:Tiga Kemungkinan Penyebab Perundungan di Gresik Versi KPAI
 
Menurut Muhadjir, kasus perundungan yang terjadi di Gresik sangat kasuistik, tergolong pada kategori perilaku menyimpang di masa remaja (JuvenileDelinquency).
 
"Itu kasus yang sangat spesifik, sangat tidak bijak kalau di-gebyah uyah(disamaratakan) seolah sudah menjadi gejala umum perilaku siswa-siswi kita yang berjumlah 40 juta lebih ini," terang Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.
 
Kasus itupun, kata Muhadjir, tidak perlu lagi dibawa ke pihak kepolisian, setelah kedua belah pihak sepakat berdamai. "Sudah cukup diselesaikan oleh sekolah, dinas pendidikan dan aparat keamanan setempat. Saya sangat menghargai langkag trengginas mereka untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," tutupnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif