Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Universitas Tarumanagara (Untar) menyelenggarakan dua kompetisi. DOK Untar
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Universitas Tarumanagara (Untar) menyelenggarakan dua kompetisi. DOK Untar

Puspresnas Gandeng Untar Gelar Kompetisi Bangunan Gedung Hingga Paduan Suara

Pendidikan paduan suara Perguruan Tinggi Kemendikbudristek Mahasiswa
Media Indonesia.com • 29 April 2022 20:11
Jakarta: Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Universitas Tarumanagara (Untar) menyelenggarakan dua kompetisi. Yakni Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) dan Festival Paduan Suara Mahasiswa (FPSM) tingkat Nasional 2022.
 
Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengatakan kompetisi itu akan menjadi media pembelajaran dan diskusi luar biasa. Serta memberikan kesempatan bagi peserta didik memperoleh pengalaman dalam mengasah kemampuan baik akademik maupun non akademik.
 
“Untar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan pemerintah untuk menyelenggarakan kompetisi tingkat nasional, berkolaborasi dengan Puspresnas. Kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat. Lembaga pendidikan tinggi berperan dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk Indonesia jaya,” ujar Agustinus dikutip dari Mediaindonesia.com, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untar telah memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan acara besar level nasional, seperti Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) 2020. Untar diganjar Rekor MURI untuk kategori Lomba Pesparawi Mahasiswa Tingkat Nasional pertama yang diselenggarakan virtual.
 
Kepala Badan Pengembangan Talenta Indonesia sekaligus pelaksana tugas Kapuspresnas, Asep Sukmayadi, menyebut dalam menopang pelaksanaan kompetisi ini diperlukan fasilitas memadai dan lengkap. Serta dukungan kuat dari setiap sivitas akademika di dalamnya.
 
"Untar adalah kampus yang ideal untuk pelaksanaan kompetisi KBGI dan FPSM tahun ini,” tutur dia.
 
Asep berharap kompetisi itu dapat memberikan manfaat lebih luas, yaitu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan penyerta, seperti membuat penelitian terkait topik bangunan yang tahan gempa, memberikan edukasi kepada siswa-siswi sekolah menengah serta masyarakat luas mengenai penanganan bencana, manfaat musik, dan lain sebagainya.
 
Koordinator Pengembangan Prestasi Pendidikan Tinggi Rizal Alfian mengatakan kolaborasi dan dukungan antara pemerintah, swasta, lembaga masyarakat, asosiasi profesi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dunia industri, media serta filantropi sangatlah penting. Hal itu untuk penyiapan SDM unggul Indonesia melalui fasilitasi penyelenggaraan kompetisi.
 
Baca: Untar Kampus Terbaik Dalam Implementasi MBKM, Raih 7 Penghargaan LLDIKTI
 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif