Ilustrasi UKM kampus PSM Swara Wadhana UNY. DOK UNY
Ilustrasi UKM kampus PSM Swara Wadhana UNY. DOK UNY

Ingin Kembangkan Diri di Kampus? Ini 10 UKM yang Bisa Dipilih

Pendidikan UKM Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Mahasiswa
Renatha Swasty • 04 Mei 2022 14:52
Jakarta: Kegiatan perkuliahan tidak jauh berbeda dengan masa SMA. Salah satunya kegiatan ekstrakurikuler. Namun, di kampus penyebutan ekskul atau ekstrakurikuler berbeda.
 
Kegiatan ekskul tersebut dikenal dengan nama UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. Saat menjadi mahasiswa baru, Sobat Medcom akan diperkenalkan dengan berbagai UKM sebagai kegiatan pengenalan kampus.
 
UKM terbagi menjadi berbagai tingkatan, ada UKM tingkat universitas, fakultas, dan jurusan. Namun, tujuannya tetap sama, yaitu sebagai wadah untuk memfasilitasi minat dan bakat kamu.
 
Lalu, kira-kira UKM kampus untuk pengembangan diri apa saja yang cocok untuk dipilih? Simak penjelasannya berikut.  Berikut 10 UKM kampus untuk pengembangan diri dikutip dari Zenius:

1. AIESEC

UKM kampus untuk pengembangan diri pertama yang bisa dipilih adalah AIESEC. AIESEC (Association Internationale des Etuadiants Sciences Economiques et Commerciales) merupakan sebuah komunitas tingkat global yang bertujuan mengasah kemampuan kepemimpinan di tingkat internasional. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AIESEC memiliki misi untuk pemberdayaan anak muda dalam perdamaian dan meningkatkan potensi di tingkat internasional. Hal ini yang mendasari kegiatan, seperti Global Volunteer, Global Talent, Global Teacher, Local Project, dan sebagainya.
 
AIESEC ini umumnya termasuk dalam UKM tingkat universitas sehingga Sobat Medcom akan bertemu dengan orang-orang di luar fakultas dan jurusan kamu. Tentunya sebagai organisasi tingkat global, bahasa Inggris menjadi bahasa yang digunakan dalam UKM ini.

2. Komunitas Moot Court

Buat Sobat Medcom mahasiswa Fakultas Hukum, sudah kenal dengan komunitas hukum atau komunitas moot court belum? Moot court merupakan sebuah kegiatan simulasi peradilan yang umumnya diadakan sebagai sarana pembelajaran anak-anak hukum.
 
Nah, seiring berjalannya waktu, moot court mulai dijadikan ajang olimpiade bergengsi di kalangan mahasiswa hukum. Sebagai persiapan untuk mengikuti international moot court, beberapa kampus mulai membangun UKM atau komunitas yang khusus mempersiapkan calon delegasi untuk olimpiade moot court.
 
Nantinya, di komunitas ini Sobat Medcom akan mempelajari analisis kasus hingga cara berdebat. Salah satu komunitas moot court yang bisa diikuti adalah International Law Moot Court Society (ILMS) di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Pseudorechtspraak di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

3. Media Kampus

UKM kampus untuk pengembangan diri selanjutnya yang bisa Sobat Medcom ikuti adalah UKM media kampus atau majalah kampus. Seperti namanya, di UKM ini Sobat Medcom akan belajar proses penerbitan sebuah majalah, mulai dari mencari berita, menulis berita, mengedit, hingga proses pencetakan.
 
Karena di UKM ini akan banyak mempelajari dunia media dan jurnalis, UKM ini bakal cocok banget buat Sobat Medcom yang tertarik dan berminat mengembangkan diri dan berkarier di bidang tersebut. UKM ini cukup umum ditemukan di berbagai kampus.
 
UKM ini sendiri ada yang berada di tingkat universitas, fakultas, ataupun jurusan. Beberapa UKM media atau majalah kampus yang bisa diikuti adalah BPPM Balairung Universitas Gadjah Mada dan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia.

4. Broadcasting / Penyiaran

Sobat Medcom memiliki ketertarikan dalam bidang broadcasting atau penyiaran? Jika iya, UKM penyiaran bisa jadi rekomendasi UKM kampus untuk pengembangan diri selanjutnya. Di UKM ini, Sobat Medcom akan belajar cara mengontrol intonasi bicara, kecepatan bicara, dan penggunaan alat-alat penyiaran.
 
Besarnya peran keahlian komunikasi dalam UKM ini bisa menjadi wadah pengembangan diri dalam hal komunikasi juga. Kalau Sobat Medcom suka banget mendengarkan lagu, di UKM ini juga bisa menyusun playlist lagu sendiri untuk disiarkan.

5. UKM Olahraga

Salah satu UKM kampus yang cukup banyak peminat adalah UKM olahraga. Tentunya, UKM olahraga ini buka cuma sekadar ajang bermain saja, tetapi justru memiliki manfaat lain, selain untuk kesehatan fisik dan mental. Salah satunya team work dan sportivitas.
 
Bentuk UKM olahraga yang bisa diikuti beragam, mulai dari basket, futsal, sepak bola, badminton, hingga berbagai olahraga lain seperti anggar, baseball, karate, dan taekwondo. 

6. Pecinta Alam

UKM kampus untuk pengembangan diri selanjutnya adalah pecinta alam. Mapala atau Mahasiswa Pecinta Alam hampir selalu ada di setiap kampus. Hal ini tidak mengherankan karena kegiatan mendaki dan hiking cukup banyak digemari mahasiswa.
 
Selain kegiatannya yang bersifat alam memang menarik, UKM pecinta alam juga bisa menjadi wadah pengembangan diri. Dengan mengikuti UKM ini, kemampuan team work, leadership, keselamatan diri, problem solving, kekuatan fisik, hingga pengenalan objek alam akan diasah dengan matang. 

7. Koperasi Mahasiswa atau Kewirausahaan

UKM kampus selanjutnya cocok dengan Sobat Medcom yang berminat di bidang kewirausahaan. UKM kampus untuk pengembangan diri selanjutnya adalah UKM Koperasi Mahasiswa atau UKM Kewirausahaan.
 
Sesuai namanya, di UKM ini Sobat Medcom akan mendalami pelatihan soft skills yang berhubungan dengan kewirausahaan, mulai dari pemasaran, team work, leadership, hingga ilmu-ilmu kewirausahaan lainnya.
 
Nggak cuma itu, dengan menjadi anggota koperasi, Sobat Medcom juga bisa mendapatkan SHU (Sisa Hasil Usaha) pada akhir tahun. Hitung-hitung sekaligus menabung juga.

8. UKM Keagamaan

Kemudian, UKM kampus untuk pengembangan diri lainnya adalah UKM keagamaan. Tentunya UKM keagamaan ini bertujuan sebagai wadah pengembangan diri dalam hal spiritualitas sesuai dengan keyakinan Sobat Medcom. Berbagai kegiatan keagamaan dihadirkan bergantung dengan UKM keagamaan yang dipilih.

9. Search and Rescue (SAR)

Buat Sobat Medcom yang tertarik dengan kegiatan volunteer dan penyelamatan bisa mempertimbangkan UKM Search and Rescue (SAR). Sesuai namanya, UKM satu ini berfokus pada pengembangan diri di dunia keselamatan. Jadi, saat ada bencana atau kecelakaan tertentu, Sobat Medcom bisa ikut berpartisipasi menolongnya secara langsung.
 
Selain UKM SAR, Sobat Medcom juga bisa mempertimbangkan UKM sejenis seperti Palang Merah Indonesia dan lain sebagainya.

10. UKM Seni

Sebagai pecinta dan penggiat seni, Sobat Medcom tentu ingin mengembangkan minat tersebut, bukan? Tenang saja, di kampus bisa memilih UKM seni. UKM seni terdiri dari banyak UKM lainnya, mulai dari teater, band, paduan suara, mural, lukis, fotografi, dan lain sebagainya.
 
UKM seni bertujuan mengasah kemampuan seni agar semakin meningkat.
 
Itulah 10 UKM kampus untuk pengembangan diri yang bisa diikuti. Tenang saja, UKM ini bisa diikuti sebanyak-banyaknya. Tapi, tetap ingat tujuan awal kuliah untuk belajar. Sehingga, jangan sampai Sobat Medcom jadi jauh lebih sibuk di UKM ketimbang kuliah.
 
Baca: PSM Swara Wadhana UNY Sabet Grand Prix di Italia dan Amerika Serikat
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif