Kampus Universitas Brawijaya. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.
Kampus Universitas Brawijaya. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.

50 Ribu Pendaftar UB Gagal Lolos SBMPTN

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019 SBMPTN 2019
Daviq Umar Al Faruq • 10 Juli 2019 17:48
Malang:Sebanyak 5.615 calon mahasiswa lolos di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 di Universitas Brawijaya (UB). Jumlah tersebut terbagi ke dalam 75 program studi (prodi) S1, termasuk lima Program Studi di Luar Kampus (PSDKU) di UB Kediri.
 
Dengan begitu, setidaknya terdapat 50.256 calon mahasiswa yang gagal masuk UB di jalur SBMPTN. Sebab seperti diketahui, jumlah peminat SBMPTN di UB mencapai 55.871 pendaftar tahun ini, menempatkan UB menjadi kampus dengan peminat SBMPTN terbanyak se-Indonesia.
 
Wakil Rektor I Bidang Akademik UB, Aulanni'am mengatakan, prodi Agroekoteknologi paling banyak diminati pada kategori sains teknologi (Saintek) dengan jumlah peminat 2.202 orang. Sedangkan prodi Ilmu Hukum paling diminati pada kategori sosial humaniora (soshum) dengan jumlah peminat 2.584 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, tahun ini, UB juga mencatatkan nilai rerata tertinggi peringkat sembilan kelompok soshum dengan angka 613,36. Sedangkan untuk Bidikmisi sebanyak 827 diterima melalui jalur SBMPTN.
 
“Dengan jumlah Bidikmisi sebanyak 827 pada jalur SBMPTN dan 532 pada jalur SNMPTN, maka kita sudah memenuhi target kuota Bidikmisi yang ditetapkan pemerintah sebanyak 10 persen dari jumlah kuota maba (mahasiswa baru) yang diterima,” kata Aulanni'am, Rabu 10 Juli 2019.
 
Baca:Lolos ke Unpad, Siap-siap untuk Pengisian Biodata
 
Aulanni'am mengaku, banyaknya peminat UB pada jalur SBMPTN, salah satunya dipengaruhi oleh banyak prodi yang ditawarkan. Mulai dari Teknik, Pertanian, Kedokteran hingga Agroekoteknologi.
 
“Dari akreditasi-akreditasi yang dipilih, lima puluh persennya telah terakreditasi A,” ungkapnya.
 
Di sisi lain, UB sendiri tahun ini menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur. Selain SBMPTN, kampus yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur ini juga membuka jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Mandiri.
 
"Kuota yang ditetapkan masing-masing adalah 30 persen untuk jalur SNMPTN, 40 persen untuk SBMPTN, dan 30 persen untuk seleksi mandiri," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif