Mendikbud Nadiem Makarim. Zoom
Mendikbud Nadiem Makarim. Zoom

Nadiem: UT Jadi Kiblat Pendidikan Jarak Jauh

Pendidikan Pembelajaran Daring Metode Pembelajaran
Ilham Pratama Putra • 04 September 2020 10:13
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Meendikbud) Nadiem Makarim menyebut Universitas Terbuka (UT) sebagai kiblat pendidikan jarak jauh (PJJ). UT, kata dia, mampu menjamin mutu pendidikan jarak jauh, setidaknya dalam 10 tahun terakhir.
 
"Saya apresiasi UT dalam menjaga mutu pendidikannya, baik melalui akreditasi di dalam negeri dan secara aktif mengikuti eksternal activity dari international council for open and distance education, sehingga menjadi salah satu kiblat penjaminan mutu pendidikan jarak jauh di dunia," kata Nadiem dalam siaran Youtube Dies Natalis UT ke-36, Jumat, 4 September 2020.
 
Menurutnya, UT telah berhasil melakukan transformasi pada bidang pendidikan. UT secara pesat terjun dalam perkembangan teknologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"UT telah bertransformasi dengan pesat mengikuti perkembangan teknologi untuk melaksanakan PJJ secara daring sepenuhnya, mulai dari penerimaan mahasiswa baru, proses pembelajaran hingga ujian," lanjut Nadiem.
 
Baca:2021, Kemendikbud Gelontorkan Rp1,49 Triliun untuk Digitalisasi Sekolah
 
Kemampuan UT dalam PJJ tentunya sangat berguna, terlebih saat ini Indonesia sedang diterpa pandemi virus korona (covid-19). PJJ menjadi satu-satunya jalan aman dalam menyelenggarakan pendidikan.
 
Bahkan, menurut Nadiem, UT dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya. Nadiem Ingin UT bisa berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi agar PJJ dapat terlaksana sebaik mungkin.
 
"Saya harap UT dapat membawa akses seluas-luasnya untuk mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas melalui kolaborasi erat UT dengan PTN dan TS unggul di tanah air," ungkap Nadiem.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif