Ilustrasi guru. Medcom.id
Ilustrasi guru. Medcom.id

PPG Prajabatan Matangkan Guru Pemula

Ilham Pratama Putra • 24 November 2022 12:21
Jakarta: Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Nunuk Suryani, menyebut Program Pendidikan Guru (PPG) Prajabatan sangat penting. Dia menyebut program itu bakal matangkan kompetensi guru pemula.
 
"Bahwa PPG Prajabatan adalah program induksi bagi guru pemula," kata Nunuk dalam Seminar Nasional 2022: Serentak Berkolaborasi Wujudkan Inovasi di YouTube PPG GTK Kemendikbud, Kamis, 24 November 2022.
 
Nunuk menyebut calon guru akan disiapkan profesional. Salah satunya, melalui rancangan perkuliahan yang diselaraskan dengan program transformasi pendidikan Merdeka Belajar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini diimplementasikan dengan perkuliahan model baru yang dirancang dengan proses pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman praktik lapangan. Jadi, proses ini mengendepankan kebiasaan refleksi dan terintegrasi dengan kampus, sekolah dan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital," kata Nunuk.
 
Pihaknya juga terus mengembangkan program PPG Dalam Jabatan. Dia menjelaskan melalui program itu guru mendapat pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan SDM dan profesionalisme.
 
"Kami berharap guru-guru dalam program ini dapat menstimulasi dan mendorong diri sendiri untuk terus menjadi pembelajar sepanjang hayat bersama murid-murid mereka. Karena di sini konsep Ki Hajar Dewantara juga diimplementasikan dalam substansi kurikulum PPG Dalam Jabatan," tutur dia.
 
Baca juga:  Tinggalkan Model Boomer, Perkuliahan PPG Prajabatan Dibuat Kekinian

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif