Kontingen mahasiswa Unair di PINMAS ke-35. DOK Unair
Kontingen mahasiswa Unair di PINMAS ke-35. DOK Unair

Unair Bawa Pulang Dua Medali dan Juara Favorit di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-35

Renatha Swasty • 05 Desember 2022 18:11
Jakarta: Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 resmi ditutup pada Sabtu, 3 Desember 2022. Kontingen Universitas Airlangga (Unair) berhasil membawa pulang dua medali dan juara favorit pada kategori poster dan presentasi.
 
Tim Unair berhasil meraih satu medali emas dan satu juara favorit. Sedangkan, pada kategori poster Unair mendapatkan satu medali perunggu.
 
Rektor Unair Mohammad Nasih menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada kontingen Unair dan dosen pendamping yang sudah berjuang sampai pada tahap ini. Mereka adalah orang-orang hebat dan luar biasa yang sudah berjuang dengan tetap menjaga komitmen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya yakin perjuangan adik-adik ini sudah maksimal. Kami juga ikhlas atas nilai akhir yang sudah ditetapkan oleh dewan juri,” kata Nasih dikutip dari laman unair.ac.id, Senin, 5 Desember 2022.
 
Nasih menyebut penentuan menang atau kalah adalah keberhasilan tersendiri bagi Unair. Dia tak begitu memusingkan medali emas, tapi proses dan semangat yang patut dibanggakan dan ditiru mahasiswa lain yang berkompetisi di bidang apa pun.
 
“Dunia ini tidak luput dari kompetisi, jadi kesuksesan kita ke depan juga tidak luput dari kompetisi,” ujar dia.
 
Dia berharap mereka yang berprestasi bisa menginspirasi adik-adiknya. Sehingga, akan banyak mahasiswa Unair yang berkesempatan ikut berkompetisi di bidang apa pun.
 
“Kita harus menularkan kepada mereka semangat kompetisi ini, sehingga ke depan akan banyak mahasiswa Unair yang akan mengikuti PIMNAS dan lomba karya ilmiah lainnya," tutur dia.
 
Nasih berharap Unair bisa mengirimkan mahasiswa lebih banyak lagi dan tetap menjadi universitas yang diperhitungkan oleh perguruan tinggi lainnya. Dia menyebut ke depan akan ada peningkatan kualitas proposal yang diseleksi di tingkat fakultas.
 
Pihaknya juga akan menyiapkan beberapa insentif agar seluruh mahasiswa bisa bergerak terlibat dalam PIMNAS dan kompetisi lain. “Kami akan berusaha memberikan dukungan sepenuhnya agar minat mahasiswa untuk berkompetisi lebih banyak lagi dengan fasilitas yang lebih optimal. Mendukung proses penelitian dari awal hingga akhir,” papar dia.
 
Nasih mengimbau kepada mahasiswa yang lolos di PIMNAS untuk bisa terlibat dalam mendampingi mahasiswa PIMNAS secara aktif. Dia menyebut kontribusi itu akan bermanfaat untuk menyiapkan lulusan Unair yang kompetitif.
 
Adapun, sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa, finalis yang saat ini berada di tingkat akhir semester sembilan akan diberikan keringanan yaitu pembebasan uang kuliah tunggal (UKT). Sedangkan, finalis yang meraih medali emas di PIMNAS akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan jenjang magister di Unair.
 
Baca juga: Kontingen UGM Borong 19 Medali dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-35

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif