Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Santi Ambarrukmi. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Santi Ambarrukmi. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Kemendikbudristek Berharap Skor PISA Indonesia Segera Bangkit

Pendidikan pendidikan PISA Kemendikbudristek
Ilham Pratama Putra • 20 April 2022 17:32
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berharap skor Programme for International Student Assessment (PISA) Indonesia dapat membaik. Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Santi Ambarrukmi, mengatakan skor PISA Indonesia masih rendah.
 
"Peringkat untuk PISA, Indonesia ini tergolong rendah, ini perlu kita naikkan, kita termasuk negara terbawah. Kita harus bangkit," kata Santi dalam webinar Sharing Session GTK Kemendikbud, Rabu, 20 April 2022.
 
Dia berharap guru dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Peningkatan kompetensi literasi dan numerasi tak lagi mengikuti standar nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita punya tantangan sekarang ini untuk di tingkat global," tutur dia.
 
Skor PISA Indonesia pada 2018 berada pada posisi sangat memprihatinkan. Skor Pisa Indonesia tak pernah mencapai skor rata-rata negara Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).
 
Hasil survei PISA 2018 menempatkan Indonesia di urutan ke 74 alias peringkat keenam dari bawah. Kemampuan membaca siswa Indonesia di skor 371 berada di posisi 74, kemampuan Matematika mendapat 379 berada di posisi 73, dan kemampuan sains dengan skor 396 berada di posisi 71.
 
Baca: Penurunan Skor PISA Bakal Memengaruhi Kecerdasan Peradaban
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif