Guru sedang mengajar di muka kelas. Foto: MI/Adi Kristiadi
Guru sedang mengajar di muka kelas. Foto: MI/Adi Kristiadi

Variatif, Sekolah Alokasikan Dana BOS-nya 0-60% untuk Guru Honorer

Citra Larasati • 17 Desember 2021 22:08
Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan fleksibilitas kepada sekolah untuk alokasi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Termasuk untuk memberikan gaji bagi guru honorer.
 
Fleksibilitas tersebut dinilai dimanfaatkan dengan baik oleh satuan pendidikan. Dari survei yang dilakukan Litbang Kompas, 503 guru dan kepala sekolah menyebut, sebanyak 20 persen penggunaan dana BOS-nya digunakan untuk guru honorer.
 
"25,4 persen sekolah mengalokasikan dana BOS 11 sampai 20 persen untuk guru honorer," ujar peneliti Litbang Kompas, Nila Kirana dalam dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis 16 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Survei pada 16 hingga 26 November itu juga menampilkann data jika 15,9 persen sekolah mengalokasikan nol hingga 10 persen dana BOS untuk guru honorer. Selanjutnya, 15,3 persen sekolah mengalokasikan 21 hingga 30 persen dana BOS untuk guru honorer.
 
"10,5 persen sekolah mengalokasikan dana BOS 31 sampai 40 persen untuk guru honorer," lanjutnya.
 
Baca juga:  Sekolah, Pelaporan Dana BOS Bakal Terintegrasi Lewat Satu Aplikasi di RKAS
 
Kemudian, terdapat 9,1 persen sekolah yang sampai mengalokasikan 41 hingga 50 persen dana BOS untuk guru honorer. Sebesar 1,2 persen sekolah mengalokasikan dana BOS sebanyak 71 sampai 80 persen untuk guru honorer.
 
"Terakhir sisanya, 0,6 persen sekolah mengalokasikan dana BOS sebanyak 51 sampai 60 persen untuk guru honorer," tutupnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif