Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Subsidi Kuota Lanjut, Kemendikbud Janji Benahi Skema Penyaluran

Pendidikan Pembelajaran Daring Bantuan Pendidikan Anggaran Pendidikan Subsidi Kuota
Ilham Pratama Putra • 06 Januari 2021 15:02
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan jika subsidi bantuan kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen, bakal dilanjutkan pada 2021. Namun skemanya tidak akan sama dengan tahun lalu.
 
"Namun tentu kita akan berusaha untuk menempuh dengan cara yang lebih baik. Sekarang sedang kita rumuskan besaran, juga cakupannya seperti apa," kata Pelaksana tugas (Plt) Sekjen Kemendikbud Ainun Na'im dalam taklimat media awal tahun, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Bantuan kuota ini dinilai sangat membatu warga satuan pendidikan dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19. Hal itulah yang membuat Kemendikbud mengambil keputusan melanjutkan subsidi kuota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Oleh karena itu di tahun 2021, alokasi kuota internet ini masih akan dilakukan," tambah Ainun.
 
Baca: Subsidi Kuota Internet Kemendikbud Lanjut di 2021
 
Hasil evaluasi subsidi kuota 2020, kata Ainun, banyak warga pendidikan yang terbantu. Kebutuhan internet untuk PJJ dinilai masih akan tinggi pada 2021.
 
"Hasilnya sangat baik dan hasil survei dan evaluasi dari pihak ke tiga pemanfaatan kuota, internet tersebut yang juga sangat tinggi," sambungnya.
 
Rincian kuota pada 2020 lalu untuk siswa sebesar 35 gigabyte per bulan dan guru 42 gigabyte per bulan. Sedangkan, untuk mahasiswa dan dosen diberikan masing-masing 50 gigabyte per bulan. Total anggaran subsidi kuota 2020 sebanyak Rp7,2 triliun.
 
Tahun lalu, Kemendikbud menargetkan subsidi kuota disalurkan kepada 59,5 juta penerima. Namu, hanya terealisasi kepada 35 juta penerima, atau sekitar 62 persen.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif