Suasana wisuda di salah satu perguruan tinggi, MI/Bary Fathahillah.
Suasana wisuda di salah satu perguruan tinggi, MI/Bary Fathahillah.

Tak Masuk PTN, Siswa Diimbau Selektif Pilih PTS

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019 SBMPTN 2019
Intan Yunelia • 22 Maret 2019 18:48
Jakarta: Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meminta siswa yang tak lolos ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak berkecil hati. Siswa masih memiliki banyak pilihan politeknik dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
"Saya sampaikan kepada yang mendaftar di PTN Bagi yang tidak lulus SNMPTN. Masih ada dua kesempatan lagi yaitu SBMPTN dan jalur mandiri," kata Nasir di Gedung D Kemenristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat 22 Maret 2019.
 
Baca:Pengumuman Hasil SNMPTN, Cek Namamu di Sini!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Rektor Terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini menyampaikan siswa yang tak lolos ketiga jalur mulai dari SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri juga masih bisa mencoba masuk perguruan tinggi lainnya. Dengan catatan selektif mengecek kualitas dan akreditasinya.
 
"Apabila tidak lulus ketiganya masih perguruan tinggi di Indonesia lainnya yang cukup baik. Silahkan daftar di PTN dan PTS yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI)," ujar Nasir.
 
Baca:10 PTN Penerima Beasiswa Bidikmisi Terbanyak
 
Catatan penting para calon mahasiwa tak asal memilih perguruan tinggi. Maraknya kasus abal-abal agar menjadi perhatian serius para calon mahasiswa.
 
"Jangan mendaftar perguruan tinggi nonaktif. Jika tidak aktif artinya perguruan tinggi itu bermasalah," tutur Nasir.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif