PPDB di Depok, MI/Barry Fatahillah
PPDB di Depok, MI/Barry Fatahillah

KPAI Dorong Pemerintah Buka Posko Pengaduan

Pendidikan PPDB 2019
Citra Larasati • 25 Januari 2019 13:14
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong pemerintah membuka posko pengaduan terkait penerapan kebijakan pergantian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) menjadi Nomor Induk Kependudukan (NIK).
 
Komisioner Bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti mengatakan, sistem pengaduan harus disertai standar operasional prosedur (SOP) yang jelas. "Sehingga saat masyarakat melapor ke posko pengaduan mendapatkan solusi yang jelas dan tidak di 'pingpong' ke sana kemari," kata Retno di Jakarta, Jumat 25 Januari 2019.
 
Sebelumnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mempertanyakan kesiapan dan sosialisasi kebijakan pengintegrasian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) menjadi Nomor Induk Kependudukan (NIK). Minimnya sosialisasi ini berpotensi menimbulkan masalah di lapangan, terutama saat memasuki masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: NISN Menjadi NIK Berpotensi Menambah Persoalan di PPDB
 
Menurut Retno, dengan minimnya sosialisasi tersebut, harus dipikirkan saluran untuk mengadu bagi orangtua yang menemui permasalahan terkait perubahan NISN menjadi NIK. "Kemana orangtua harus mengadu?" ujar Retno.
 
Seringkali, kata Retno, saat orangtua murid menemui masalah dan melakukan pengaduan, yang didapat adalah persoalan tidak bisa tuntas. "Kebiasaan yang seringkali terjadi di satu kementerian saja persoalan tidak bisa tuntas, karena solusinya dilempar kesana kemari.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif