Salah satu madrasah di Jawa Tengah.  Foto: Medcom.id/Mustholih
Salah satu madrasah di Jawa Tengah. Foto: Medcom.id/Mustholih

Sejumlah Regulasi di Madrasah Akan Disederhanakan

Pendidikan Pendidikan Agama
Muhammad Syahrul Ramadhan • 07 November 2019 14:23
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) tengah meninjau ulang sejumlah regulasi terkait tata kelola guru dan tenaga kependidikan madrasah. Harmonisasi akan dilakukan pada sejumlah regulasi.
 
Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Kemenag, Suyitno menjelaskan sejumlah regulasi yang ditinjau ulang akan dilakukan untuk menstandarisasi pengangkatan guru bukan pegawai negeri sipil di madrasah. Kemudian tata kelola, dan redistribusi guru, serta etika berbusana bagi guru madrasah.
 
Sementara itu, harmonisasi yang akan dilakukan antara lain kebijakan tentang petunjuk teknis tunjangan profesi guru dan petunjuk teknis bantuan operasional sekolah. "Banyak komponen yang bisa disinergikan dalam mengoptimalkan penggunaan dana BOS oleh lembaga madrasah. Tidak hanya untuk kepentingan peserta didiknya, namun untuk optimalisasi kinerja guru dan tenaga kependidikannya," kata Suyitno dalam siaran pers Kemenag, Kamis, 7 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suyitno berharap, penyederhanaan regulasi ini akan memudahkan pemangku kepentingan dalam memahami dan melaksanakannya.
 
Hal tersebut disambut positif oleh Inspektorat Jenderal Kemenag. Inspektur Wilayah II Itjen Kemenag Irwil II Nur Arifin menilai peninjauan ulang regulasi harus dilakukan, terlebih untuk kebijakan yang sudah kedaluwarsa. Proses peninjauan ulang ditujukan untuk menyesuaikan beberapa substansi yang terbaru, dengan mempertimbangkan kondisi dan potensi yang dimiliki oleh madrasah.
 
"Inspektorat Jenderal akan mengawal secara penuh langkah Direktorat GTK dalam menyusun segala perangkat regulasi yang dibutuhkan. Demi meningkatkan layanan yang berbasis kepada peningkatan mutu dan kualitas sumber daya guru di madrasah," terang Arifin.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif