Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Mahasiswa, Ini 5 Manfaat Ikut Kegiatan Magang

Medcom • 20 Mei 2022 19:12
Jakarta: Internship atau magang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang mesti dijalani mahasiswa di semester akhir. Namun, ada pula sejumlah kampus yang tidak mewajibkan kegiatan ini.
 
Terlepas dari keperluan kuliah, magang memiliki manfaat tersendiri bagi mahasiswa, mulai dari mengembangkan kompetensi diri hingga membangun karier. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut yang dikutip dari Gokampus:

1. Menambah relasi

Selama mengikuti kegiatan magang, Sobat Medcom akan bertemu banyak orang yang memiliki latar belakang dan pengalaman kerja berbeda. Bahkan, tak menutup kemungkinan juga bisa mengenal petinggi perusahaan.
 
Salah satu keuntungan menjalin relasi yang lebih luas ialah bisa belajar dari pengalaman mereka selama berada di dunia kerja. Hal ini dapat membantu Sobat Medcom untuk mempersiapkan masa depan selepas kuliah.

2. Menerapkan ilmu selama kuliah

Mahasiswa magang biasanya akan dipercaya untuk mengerjakan sebuah proyek, tentunya dengan arahan dari atasan. Ini merupakan waktu yang tepat untuk menerapkan ilmu yang dipelajari selama perkuliahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, usahakan jangan terlalu terpaku dengan teori. Kembangkan ide-ide menarik lainnya untuk mengasah kemampuan, sekaligus memperbesar peluang agar dipercaya mengerjakan proyek selanjutnya.

3. Mengenal dunia kerja

Pada hari pertama magang, mahasiswa biasanya akan diperkenalkan dengan metode kerja perusahaan. Mahasiswa lantas bakal diminta untuk bisa beradaptasi dengan budaya kerja tersebut.
 
Hal ini dapat membuat Sobat Medcom lebih bisa mengenali dunia kerja secara utuh, mulai dari cara menyelesaikan masalah, cara mengembangkan, hingga mengeksekusi ide-ide untuk kebutuhan perusahaan.

4. Mendapatkan kemampuan baru

Selain mengenal orang-orang baru, mahasiswa magang juga bisa memperoleh ilmu dan keahlian baru. Sobat Medcom bisa saja diberi tugas yang belum pernah dikerjakan sebelumnya. Dengan begitu, mahasiswa magang berkesempatan mengeksplor berbagai jenis pekerjaan baru.

5. Langkah awal meniti karier

Program magang ibarat batu loncatan sebelum terjun ke dunia kerja sesungguhnya. Segala sesuatu yang didapat selama mengikuti program ini bisa menjadi dasar guna melanjutkan karier di masa depan.
 
Untuk itu, sebelum mendaftar magang, sebaiknya pilih perusahaan yang sesuai dengan rencana karier kelak. Usahakan beri kinerja yang baik, sebab tak jarang perusahaan mengangkat karyawan magang sebagai karyawan tetap usai lulus kuliah.
 
Itulah lima manfaat mengikuti kegiatan magang selama masih menjadi mahasiswa. Sobat Medcom bisa mendaftar magang melalui program Kampus Merdeka, atau mencari perusahaan yang membuka lowongan magang. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Siap-siap! Kementerian BUMN Buka 2.300 Kursi Magang
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif