Rektor Unair Mohammad Nasih. DOK Unair
Rektor Unair Mohammad Nasih. DOK Unair

Wisuda 742 Mahasiswa, Rektor Unair Ingatkan Lulusan Tak Minder

Renatha Swasty • 05 Desember 2022 13:21
Jakarta: Sebanyak 742 mahasiswa dinyatakan lulus dalam wisuda periode Desember 2022 Universitas Arilangga (Unair). Rektor Unair Moh Nasih berpesan agar lulusan tidak merasa minder dengan almamaternya karena ranking Unair naik menjadi 369 dalam QS WUR.
 
“Unair itu bukan hal yang main-main, sehingga Anda semuanya tidak boleh minder, tidak boleh rendah diri. Harus menunjukkan keberanian anda,” tegas Nasih dikutip dari laman unair.ac.id, Senin, 5 Desember 2022.
 
Nasih menyebut rasa rendah diri merupakan kelemahan. Dia mengatakan rasa rendah diri akan menghambat proses-proses kemajuan diri sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Padahal jargon kita adalah rendah hati, bukan rendah diri. Anda semua tidak layak untuk rendah diri,” ujar Nasih kepada wisudawan.
 
Dia menyebut wisudawan tidak boleh rendah diri karena bukan hal mudah bagi seseorang untuk diwisuda. Nasih mengatakan seseorang harus melewati proses panjang untuk dinyakan lulus dan wisuda.
 
Proses itu terdiri atas berbagai ujian dan persoalan. Namun, dia berpesan agar wisudawan tidak menghindar dari persoalan-persoalan tersebut.
 
“Ujian dan persoalan adalah bagian dari jalan menuju kesuksesan,” ucap dia.
 
Nasih berharap wisudawan tidak berhenti belajar setelah lulus dari salah satu universitas terbaik di Indonesia. “Dunia tidak pernah berhenti memunculkan tantangan. Perubahan harus datang silih berganti dan harus kita hadapi. Kuncinya adalah belajar, belajar, belajar,” tegas dia.
 
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair itu berujar belajar tidak mengenal ruang dan waktu. Belajar harus dilakukan di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, dan dalam bentuk dan metode apa saja.
 
"Yang penting adalah kita memperoleh hikmah dan pengetahuan dari setiap hal yang kita hadapi,” ujar dia.
 
Nasih meyakini keberhasilan wisudawan hari ini tidak lepas dari dukungan dan usaha kedua orang tua mereka. Dia menekankan agar wisudawan berusaha membahagiakan kedua orang tua.
 
“Teruslah berikhtiar untuk membahagiakan orang tua. Pandai-pandailah bersyukur dan berterima kasih pada orang tua. Salah satu tanda syukur adalah dengan jangan pernah mengecewakan mereka,” kata Nasih.
 
Baca juga: Rektor Sebut Lulusan UGM Tumpuan Bangsa, Diharapkan Beri Solusi Persoalan Negara

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif