Pekan Kebudayaan Nasional 2021. Foto: Dok/Metro TV
Pekan Kebudayaan Nasional 2021. Foto: Dok/Metro TV

Newsline

Sebanyak 59 Kabupaten/Kota Bergabung dalam Pekan Kebudayaan Nasional 2021

MetroTV • 08 Oktober 2021 22:19
Jakarta: Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) ke-3 akan digelar secara daring pada tanggal 19-26 November 2021. Tercatat sebanyak 59 Kabupaten/Kota dari 9 Provinsi dan 16 negara akan bergabung dalam ajang tersebut.
 
PKN 2021 mengusung tema ‘Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan’ yaitu bagaimana masa lalu memandu kita untuk masa depan. Cerlang sendiri memiliki arti cahaya terang, yang kemudian ditujukan bagi generasi muda agar dapat mengolah peluang.
 
"Artinya cahaya terang yang mungkin kedepannya akan kita tuju, membuka peluang untuk itu. Cerlang kita olah menjadi generasi muda yang cerah mengolah peluang," jelas Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda dalam tayangan Newsline di Metro TV, Jumat, 8 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Jokowi Buka Pekan Kebudayaan Nasional 2020 Secara Virtual
 
Tema PKN 2021 dibagi menjadi tiga subtema yaitu sandang, pangan, dan papan. Ketiga subtema tersebut nantinya akan diaplikasikan dalam kegiatan di dalam PKN seperti kompetisi, komprehensif dengan lokakarya, pameran, pagelaran, dan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD).
 
"Kita mengangkat potensi dari sektor kebutuhan dasar manusia, itu dari mulai sandang, pangan dan papan sebagai kearifan lokal yang merupakan akar ketahanan budaya kita. Tiga subtema tersebut akan kita aplikasikan pada program program PKN 2021,” ujar Fitra.
 
Para generasi muda yang bergabung dalam PKN 2021 harus dapat mengombinasikan antara kemajuan teknologi dengan kearifan budaya lokal. Hal ini dapat diterapkan dalam lomba foto drone yang mendokumentasikan rumah-rumah adat. Kemudian, ada juga lomba video animasi membuat rumah adat dengan memanfaatkan komputer.
 
PKN adalah ajang yang menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya. Selain itu, mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif. PKN juga menjadi platform dengan tujuan memajukan kebudayaan menuju Indonesia bahagia. (Widya Finola Ifani Putri)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif