UI menggelar Workshop Pemanfaatan buku elektronik untuk mendongeng bagi anak. Foto: UI/Humas
UI menggelar Workshop Pemanfaatan buku elektronik untuk mendongeng bagi anak. Foto: UI/Humas

Buku Elektronik Dapat Tingkatkan Minat Baca Anak

Pendidikan kemampuan literasi
Citra Larasati • 25 Oktober 2019 20:28
Depok: Pemanfaatan buku elektronik (e-book) dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan minat baca anak. Selain mudah diakses, buku elektronik juga murah bahkan ada yang gratis.
 
Namun, belum semua orang terutama orang tua mengetahui bahwa telepon cerdas yang dimilikinya dapat digunakan untuk mengakses buku elektronik. Untuk memperkenalkan buku elektronik dan meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya membaca bagi anak-anak, Universitas Indonesia menggelar workshop tentang cara mencari, mengakses dan mengunduh buku elektronik di smartphone dan memanfaatkannya untuk mendongeng bagi anak.
 
Workshop ini diadakan di kelurahan mekarjaya, kelurahan Sukmajaya, Kota depok. Kegiatan ini bagian dari program pengabdian masyarakat dari Universitas Indonesia dengan tujuan menciptakan Kota Depok ramah anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kegiatan ini dibuka oleh Kabid tumbuh kembang dan pengembangan kota layak anak Kota Depok, Yulia Oktaviani, yang sekaligus sebagai bunda literasi kecamatan Sukmajaya. “Kegiatan ini sejalan dengan program Kota Depok yang berupaya untuk membudayakan gemar membaca, diharapkan ibu-ibu kader PKK bisa memanfaatkan smartphone untuk membaca dan menularkan apa yang diperoleh pada kegiatan ini kepada ibu-ibu yang lain juga” kata Yulia dalam siaran persnya, Jumat, 24 Oktober 2019.
 
Tim pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Pantius Soeling dengan anggota Fibria Indriati, Dewa Bintamur dan Kusnarbudi. Ketiganya memberikan materi tentang praktik mendongeng.
 
Workshop yang diikuti dengan antusias oleh para ibu-ibu kader PKK, memberikan wawasan tentang bagaimana mencari buku elektronik cerita anak dan dongeng melalui Playstore yang berbasis android, memilih buku elektronik yang gratis dan dianggap bagus berdasarkan rating dan review dari pilihan editor.
 
"Juga meng-install dan menggunakan e-book untuk mendongeng," terangnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif